Kapsulmetama.com – Susah buang air besar tentu akan terasa sangat menyiksa. Kondisi kesehatan yang juga disebut dengan sembelit atau konstipasi ini akan menyebabkan rasa tak nyaman pada perut, serta nyeri/sakit pada anus ketika BAB.

Konstipasi biasanya lebih sering disebabkan oleh pola hidup yang tak sehat, seperti kurangnya asupan serat dan kebiasaan menahan buang air besar. Nah, berikut beberapa cara melancarkan BAB dengan alami yang bisa Anda coba.

Perbanyak Konsumsi Serat

Serat (fiber) sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu menyehatkan dan memperlancar proses pencernaan. Kurangnya asupan serat berpotensi menimbulkan gangguan pencernaan, salah satunya adalah sulit BAB akibat feses yang mengeras.

Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayur, buah-buahan, kacang-kacangan, serta bebijian, terbukti sangat efektif untuk melancarkan BAB. Pilihlah jenis buah dan sayur yang memiliki kandungan air cukup tinggi, seperti tomat, semangka, pepaya, melon, dan lain-lain.

Minum Air Putih

Sembelit bisa juga terjadi karena dehidrasi alias kurangnya cairan dalam tubuh. Saat dehidrasi, tubuh memang cenderung “menghemat” penggunaan air sehingga organ-organ vital di dalam tubuh tak dapat berfungsi dengan maksimal.

Nah, saat tubuh kekurangan cairan, akan terjadi penyerapan cairan pada usus besar, sehingga tinja menjadi keras dan kering—dan lebih susah dikeluarkan. Karenanya, usahakan untuk banyak-banyak mengonsumsi air putih, ya, agar metabolisme tubuh menjadi lebih lancar.

Jangan Menahan BAB

Cara memperlancar BAB berikutnya adalah tidak menahan keinginan buang air besar dalam waktu lama, apalagi sampai berhari-hari. Kebiasaan menahan BAB akan berakibat pada penumpukan dan pengerasan feses, sehingga menyebabkan konstipasi.

Nah, jika kebiasaan ini berlangsung lama, bukan tidak mungkin Anda juga akan mengalami obstipasi (konstipasi parah) yang menjadi salah satu pemicu terjadinya kanker usus.

Rutin Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang efektif untuk meningkatkan kontraksi otot tubuh. Otot usus yang sulit berkontraksi memang rentan memicu terjadinya sembelit. Di samping itu, olahraga juga bisa meminimalisasi stres—salah satu faktor penyebab sulit BAB. Cobalah berolahraga ringan secara rutin setidaknya 15 menit selama 3-5 kali dalam sepekan.

Baca Juga : Susah Buang Air Besar? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini (Konsumsi Juga Metama)

Konsumsi Obat Herbal

Mengonsumsi obat herbal seperti Metama bisa menjadi salah satu cara melancarkan BAB. Kandungan alami ketumbar dan kunyit di dalamnya dikenal sangat efektif untuk membantu memelihara kesehatan pencernaan, salah satunya membantu mengatasi keluhan sulit buang air besar.

Metama pun sudah terdaftar di BPOM dan teruji di laboratorium perguruan tinggi terakreditasi, sehingga sangat aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping. Untuk konsultasi atau pemesanan produk, klik KAPSULMETAMA.COM.

Demikian beberapa cara memperlancar BAB dengan aman dan alami yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

Lihat selengkapnya mengenai Produk Kapsul Metama. Pengobatan untuk Obat Maag Kronis atau hubungi kami di kontak Whatsapp yang tertera dibawah ini

0812-1420-6567