kapsulmetama.com – Mengobati asam lambung pada ibu hamil bisa jadi merupakan hal yang sulit. Pasalnya, ibu hamil tidak boleh sembarangan menggunakan obat-obatan meskipun dalam keadaan sakit. Hal ini dilakukan supaya kandungan kimia di dalam obat tidak mengontaminasi calon anak.

Faktanya, sebagian ibu hamil pernah mengalami penyakit asam lambung atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Salah satu gejala penyakit ini adalah rasa nyeri di ulu hati. Selain itu, ada sensasi terbakar di dada karena asam lambung naik ke esofagus (kerongkongan). Lalu, apa saja cara mengobati asam lambung tersebut?

Penyebab Asam Lambung

Keluhan naiknya asam lambung yang terjadi pada ibu hamil merupakan hal yang wajar. Ini disebabkan oleh ada perubahan hormon pada tubuh sehingga proses pencernaan menjadi lebih lambat. Bukan hanya itu, ketika janin dan rahim semakin besar, makanan dan asam lambung ikut tertekan hingga naik ke kerongkongan.

Umumnya, melalui saluran esofagus, makanan akan turun ke lambung. Namun, di antara esofagus dan lambung, terdapat katup LES (Lower Esophageal Sphincter). Katup ini dapat menutup untuk mencegah asam lambung naik. Nah, pada kondisi hamil, katup LES menjadi kurang ketat.

Mencegah Asam Lambung

Mengobati asam lambung tidak boleh dilakukan secara asal. Ada beberapa tindakan pencegahan yang perlu diperhatikan supaya masalah kesehatan ini tidak mengganggu kenyamanan atau menimbulkan masalah yang lebih parah. Berikut beberapa di antaranya:

  • Mengubah gaya hidup. Salah satunya, kebiasaan merokok. Gaya hidup yang tidak baik ini bukan hanya dapat menyebabkan penyakit asam lambung, tetapi juga membahayakan janin.
  • Mengubah kebiasaan makan. Apabila merasakan gejala asam lambung yang naik, Anda perlu mengubah pola makan. Makanlah dalam porsi sedikit, tetapi sering. Hindari berbaring setelah makan.
  • Makanan-makanan tertentu dapat memicu terjadi penyakit asam lambung, seperti makanan yang pedas atau asam. Cokelat, kopi, dan mintjuga merupakan makanan yang harus dihindari.

Mengobati Asam Lambung

Apabila Anda sedang mengalami gejala penyakit asam lambung, perlu ada langkah serius untuk mengobatinya. Mengobati asam lambung pada ibu hamil biasanya harus lebih berhati-hati daripada pada kondisi biasa. Obat-obatan yang digunakan tidak boleh sembarangan demi menghindari efek samping yang membahayakan kesehatan janin.

Baca Juga : Ketahui Gejala Sakit Maag (Serta Cara Menyembuhkan Maag)

Ada beberapa jenis obat yang diperbolehkan, seperti alginat. Obat ini membantu mengobati asam lambung. Jangan lupa, tetap perhatikan pemakaian dengan petunjuk dari dokter. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Metama, salah satu obat herbal untuk meredakan gejala-gejala penyakit asam lambung, seperti sakit perut dan mual.

Metama juga membantu mengurangi produksi asam lambung berlebih sekaligus menyembuhkan radang lambung. Informasi tentang cara mengobati asam lambung lebih lanjut bisa didapatkan di kapsul metama.

Bagaimana ? Ingin tahu lebih banyak tentang Metama? Kami juga men Jual Obat Maag Metama, Silakan untuk info dan konsultasi hubungi kami di kontak ini

0812-1420-6567