Kapsulmetama.com – Sembelit merupakan suatu gangguan kesehatan yang ditunjukkan dengan mengerasnya feses (tinja) sehingga penderita akan mengalami kesulitan disertai rasa sakit saat buang air besar (BAB). Kondisi kesehatan yang juga disebut dengan konstipasi ini terjadi karena buruknya sistem pencernaan akibat pola hidup tak sehat.

Nah, apa saja, sih, faktor yang menyebabkan seseorang menderita sembelit?

Pola Hidup Tak Sehat

Faktor paling dominan yang menyebabkan terjadinya sembelit adalah gaya hidup yang tidak sehat. Kurangnya konsumsi makanan yang mengandung serat dan cairan memang rentan memicu pengerasan feses.

Selain itu, malas berolahraga/melakukan gerak fisik dan konsumsi produk olahan susu (dairy product) dalam jumlah berlebihan juga menjadi salah satu faktor terjadinya sembelit.

Kebiasaan Menunda BAB

Siapa sangka kalau kebiasaan menunda BAB ternyata bisa menjadi salah satu faktor penyebab sembelit? Saat menahan keinginan untuk buang air besar, feses yang disimpan di dalam tubuh lama-kelamaan akan mengeras, sehingga Anda akan mengalami kesulitan bahkan merasa sakit saat BAB.

Sebaiknya tinggalkan kebiasaan menahan BAB mulai dari sekarang. Menunda-nunda pembuangan kotoran dari dalam tubuh hanya akan menyebabkan terjadinya konstipasi. Ingat, konstipasi yang sudah parah (obstipasi) bisa berpengaruh buruk terhadap usus.

Pengaruh Obat-obatan

Konsumsi obat-obatan tertentu juga berpotensi menyebabkan Anda mengalami susah BAB. Obat-obatan yang dimaksud antara lain suplemen zat besi dan kalsium, obat antidepresan, antiepilepsi, antipsikotik, obat-obatan diuretik, antasida, dan obat antidiare.

Kehamilan

Ibu hamil adalah orang yang paling rentan mengalami sembelit. Tercatat setidaknya ada 40% wanita yang mengalami konstipasi di masa-masa awal kehamilan. Kasus ini erat kaitannya dengan kondisi hormonal.

Ketika hamil, hormon progesteron diproduksi dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Nah, tingginya progesteron dalam tubuh menyebabkan otot mengendur, sehingga otot usus akan sulit berkontraksi—yang berujung pada susah BAB saat hamil.

Faktor Psikologis Lain

Selain faktor-faktor di atas, susah BAB juga bisa disebabkan oleh gangguan psikologis, seperti depresi, stres, trauma kekerasan, orang dengan gejala cemas, sampai korban pelecehan seksual.

Baca Juga : 5 Cara Melancarkan BAB dengan Alami (Konsumsi Metama)

Bagaimana Mengatasi Sembelit ?

Sembelit cukup mudah diatasi, yakni dengan menerapkan pola hidup sehat seperti:

  • Rajin berolahraga
  • Perbanyak makan buah dan sayuran
  • Tidak menunda BAB dalam waktu lama

Jika sudah beberapa hari sembelit tak kunjung membaik, cobalah mengonsumsi Metama. Obat herbal pelancar BAB ini dibuat dari bahan-bahan alami seperti kunyit dan ketumbar yang sudah dipercaya turun-temurun membantu menyembuhkan gangguan pencernaan, salah satunya konstipasi.

Produk ini sudah terdaftar di BPOM dan teruji di perguruan tinggi terakreditasi, sehingga sangat aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping. Berkat Metama, BAB lebih lancar, tubuh pun terasa lebih sehat.

Jika berminat atau ingin melakukan konsultasi lebih lanjut seputar produk, kunjungi kami di KAPSULMETAMA.COM, ya!

Lihat selengkapnya mengenai Produk Kapsul Metama. Pengobatan untuk Obat Maag Kronis atau hubungi kami di kontak Whatsapp yang tertera dibawah ini

0812-1420-6567