METAMA

Kenapa maag kambuh saat malam? ini jawabannya!

Bagi penderita asam lambung, tentunya sudah tidak asing ketika mengalami rasa begah saat malam menjelang tidur. Ya, ketika Anda hendak tidur dan berbaring, perlahan asam lambung akan mulai naik. Rasa panas hingga rasa nyeri mulai menjalar dari perut hingga ke dada (heartburn). Tak hanya itu asam lambung yang naik ke kerongkongan juga membuat tenggorokan menjadi sakit dan mulut mulai mengecap rasa pahit. Lantas kira-kira apa yang menjadi penyebab maag kambuh saat malam?

Kenapa Maag Kambuh Saat Malam?

                Ketika asam lambung naik maka sesi istirahat malam Anda pun akan terganggu. Adapun penyebab dari maag kambuh saat malam yakni karena cairan asam lambung dalam perut yang kemudian naik ke kerongkongan karena posisi tubuh yang tadinya tegak jadi berbaring.

                Ketika kita berbaring, maka gaya gravitasi akan mendorong cairan asam lambung untuk naik ke kerongkongan. Alhasil cairan yang tadinya dalam perut terdorong keatas. Apalagi ketika dalam posisi tidur kemampuan menelan seseorang berkurang. Padahal kemampuan menelan ini diperlukan untuk mendorong cairan asam lambung akan kembali ke bawah.

Selain itu produksi air liur yang berkurang ketika kita tidur pun juga turut andil dalam hal ini. Perlu diketahui, air liur mampu menetralkan asam lambung sehingga ketika produksi air liur berkurang maka tinggi pula risiko maag kambuh.

Hal diatas akan bertambah kian parah jika Anda melakoni beberapa pantangan yang menyebabkan asam lambung naik seperti: merokok, makan makanan yang pedas, minum alkohol, stress, dan makan terlalu dekat dengan waktu tidur.

Bagaimana Cara Mengatasi Maag Kambuh Saat Malam?

                Memiliki penyakit asam lambung atau maag memang sangatlah tidak menyenangkan, apalagi jika maag ini kambuh di malam hari. Maag yang kambuh saat malam tak hanya mengganggu tidur nyenyak Anda, namun juga mampu mengurangi kualitas hidup secara keseluruhan. Untuk itu jika Anda adalah penderita asam lambung, maka beberapa cara dibawah ini harus dilakukan agar maag kambuh saat malam bisa teratasi dengan baik.

1. Atur pola makan


Penderita asam lambung tidak boleh makan sembarangan, jadi pastikan untuk cermat dalam memilih makanan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:
– Hindari makan dalam porsi besar, ambil porsi kecil namun sering. Utamanya saat malam.
– Hindari makanan berlemak dan tak sehat seperti gorengan
– Perbanyak asupan sayur dan buah
– Hindari makanan penyebab asam lambung naik seperti tomat, lemon, alkohol, soda, kopi, susu dan makanan pedas

2. Jangan langsung tidur setelah makan


Tak hanya berkutat tentang jenis makanan, waktu makan juga perlu diperhatikan. Salah satu pantangan yakni jangan langsung tidur setelah makan. Paling tidak berikan jeda 3 jam dari waktu makan malam sebelum Anda tidur. Hal ini karena perut butuh setidaknya 4 jam untuk mampu mencerna seluruh makanan yang Anda konsumsi. Tidak memberikan jeda akan mengakibatkan asam lambung mudah naik dan tentunya ini akan menimbulkan rasa begah yang tidak nyaman di perut.

3. Minum obat asam lambung


Ada banyak obat asam lambung yang beredar dipasaran. Anda bisa memilih mana yang paling cocok dengan kondisi Anda. Namun pastikan obat tersebut aman dikonsumsi jangka panjang. Atau jika Anda ragu, Anda bisa menggunakan METAMA sebagai salah satu solusinya. Mengonsumsi Metama dengan rutin mampu mengurangi gejala asam lambung naik yang sangat mengganggu. Anda bisa mendapatkan Metama di apotik atau bisa juga mendapatkannya di marketplace.

4. Posisikan bantal yang lebih tinggi


Ketika asam lambung naik maka disarankan untuk menggunakan bantal yang lebih tinggi. Selain itu baringlah dengan posisi miring kekiri agar asam lambung melewati sfingter esophagus di bagian bawah menuju ke perut. Selain itu, dengan memposisikan kepala lebih tinggi maka akan membuat asam lambung tidak terdorong keatas (tetap dalam perut).

5. Berhenti merokok


Menghentikan kebiasaan ini sangat efektif untuk mencegah maag kambuh saat malam. tak hanya itu, berhenti merokok juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

6. Jaga berat badan


Cara terakhir untuk mengatasi maag kambuh saat malam yakni dengan selalu menjaga berat badan agar tetap berada pada angka yang ideal. Seorang yang obesitas cenderung memiliki risiko kambuh yang tinggi. Selain itu seringlah olahraga dan menjaga asupan makan makanan sehat agar terhindar dari maag kambuh saat malam.

Diatas adalah beberapa cara mengatasi maag kambuh saat malam. Asam lambung yang naik hingga menyebabkan maag tentu saja akan sangat mengganggu. Apalagi jika hal ini terjadi di malam hari. Kurangnya waktu tidur di malam hari tak hanya berpengaruh terhadap kesehatan fisik saja, namun juga bisa berdampak pada kesehatan psikis seperti mood yang berantakan, dan emosi yang tidak teratur.

Tinggalkan Komentar