METAMA

Antara Maag dan Tukak Lambung, Ini Perbedaannya

Beberapa penyakit yang berbeda memiliki gejala yang sama sehingga orang sulit membedakan. Begitu pula dengan gejala penyakit maag/GERD dengan penyakit tukak lambung. Meskipun memiliki gejala yang mirip-mirip yaitu rasa nyeri yang menyerang bagian ulu hati, sebenarnya kedua penyakit ini berbeda. Akan tetapi perbedaan tukak lambung dan maag masih jarang diketahui masyarakat.

Penyakit yang berbeda memerlukan penanganan yang berbeda pula. Karena itu, daripada menerka-nerka sendiri ada baiknya Anda pergi ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut sebab hanya dokter yang bisa mengetahui penyakit Anda. Setelah itu, dokter akan menentukan pengobatan yang tepat untuk pasien sehingga penyakit tidak semakin parah.

Jika dibiarkan, kedua penyakit ini berpotensi untuk semakin parah dan membahayakan nyawa sehingga jika mulai merasakan gejala-gejala, jangan dibiarkan.

Perbedaan Tukak Lambung Dan Maag

Berikut beberapa perbedaan tukak lambung dan maag yang perlu Anda ketahui.

Penyakit Maag

Penyakit maag atau bahasa lainnya gastritis adalah terjadinya peradangan pada bagian dinding lambung atau lapisan mukosadan submukosa. Peradangan ini terjadi akibat mukosa pada lambung yang sudah tidak bisa melindungi lambung karena terkena paparan berbagai macam zat yang merugikan tubuh terlalu sering.

Penyebab Penyakit Maag

  • Produksi asam lambung yang terus meningkat karena gaya hidup tidak sehat, makan tidak teratur atau stres berlebih.
  • Mengonsumsi makanan yang tidak baik bagi lambung dan dapat mengiritasinya. Contohnya makanan yang terlalu panas, pedas, makanan berlemak dan berminyak.
  • Efek samping dari obat-obatan yang juga bisa mengiritasi lambung. Beberapa diantaranya adalah antibiotik, antinyeri, steroid dan masih banyak lagi.
  • Terkena infeksi dari bakteri, salah satunya helycobacter pylori.
  • Merokok dan minum alkohol. Zat yang terkandung dalam dua hal tersebut bisa membuat dinding mukosa lambung meradang. Penderita maag sebaiknya menghindari keduanya.

Gejala Penyakit Maag


Ketika terkena gastritis atau maag, umumnya akan terjadi gejala seperti rasa tidak nyaman dan rasa nyeri di bagian saluran pencernaan bagian atas. Gejala umum lainnya adalah muntah-muntah, mual, perut kembung, lambung terasa sangat penuh, sendawa terus menerus, cepat merasa kenyang dan sering buang gas.
Penyakit ini bukan penyakit berbahaya dan mematikan, sehingga penanganannya juga tidak sulit. Gejala-gejala yang dialami penderita bisa hilang jika segera mengonsumsi obat khusus lambung,makan dengan teratur, menghindari zat yang tidak baik bagi dinding lambung, dan jangan sampai stres terlalu berlebihan.

Penyakit Tukak Lambung

Sedangkan tukak lambung terjadi karena kerusakan pada bagian mukosa lambung, sehingga terdapat luka dan radang pada daerah tersebut. Biasanya, penderita tukak lambung mengalami robekan sepanjang 5 mm pada bagian submukosa sampai mukosa dinding lambung.

Bisa dibilang tukak terjadi karena lapisan epitel permukaan pada dinding lambung hilang sampai pada lapisan yang lebih dalam. Inilah perbedaan tukak lambung dan maag, maag atau gastritis hanya terjadi peradangan, sedang pada tukak sudah terjadi kerusakan dan sebagian dinding lambung menghilang. Jika dibiarkan, pendarahan bisa membahayakan nyawa penderita.Penyebab
Penyebabnya sendiri tidak jauh beda dengan maag, yaitu karena produksi asam lambung terlalu berlebihan, karena makanan, obat-obatan sampai infeksi dari bakteri. Yang membedakan adalah karena tukak bersifat kronis dan ditangani dengan kurang baik.

Gejala Tukak Lambung


Hampir seluruh penderita tukak lambung mengalami nyeri pada ulu hati yang lebih parah dibandingkan penderita maag biasa, rasa terbakar ditambah mual, muntah, kembung, turunnya berat badan sampai muntah darah dan feses yang berwarna hitam. Satu-satunya perbedaan tukak lambung dan maag yang berbeda adalah kotoran atau feses yang menjadi berwarna hitam karena efek pendarahan.

Cara pengobatan


Penganannya pun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan maag. Akan tetapi jika sudah terjadi pendarahan, tukak lambung perlu terapi khusus, contohnya operasi. Salah satu operasi untuk menangani tukak lambung ialah vagotomy, yaitu memotong cabang saraf vagus menuju lambung sehingga luka tidak semakin parah.

Tidak mau kan, penyakit berbahaya ini sampai menyerang Anda? Karena itu, mulai sekarang terapkan pola hidup sehat dengan makan makanan sehat dan teratur sehingga tidak terkena tukak lambung. Jika sedang maag, segera obati agar tidak bertambah parah.

Dengan penjelasan yang sudah diulas di atas, setidaknya Anda sudah mendapat gambaran mengenai perbedaan tukak lambung dan maag seperti apa. Walaupun begitu, sebaiknya tetap pergi ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat sehingga penyakit dapat disembuhkan dengan cepat sebelum semakin berbahaya.

Oleh karena itu, daripada membuang biaya untuk berobat, jauh lebih baik jika kita mencegah penyakit ini sebelum terlambat. Boleh-boleh saja mengonsumsi makanan yang pedas atau berlemak, namun tidak dengan porsi yang berlebihan atau terlalu sering.

Selain itu, perbanyak olahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Kesehatan adalah harta tidak ternilai. Selagi masih sehat, terapkan pola hidup yang baik, benar dan teratur supaya tidak mendatangkan penyakit-penyakit berbahaya di kemudian hari.

Baca Juga : Obat Herbal untuk Penyakit Lambung

Tinggalkan Komentar