METAMA

Apakah Infeksi Lambung Bisa Sembuh, dan Bagaimana Penanganannya?

Apakah infeksi lambung bisa sembuh selalu menjadi pertanyaan banyak penderita maag ataupun asam lambung tinggi bahwa kondisi infeksi lambung ternyata masih sulit sembuh. Meskipun banyak pertanyaan masih sering terdengar apakah infeksi lambung bisa sembuh dalam waktu cepat? Namun jawabannya masih tergantung pada penanganan, dan kondisi tubuh penderita.

Infeksi lambung terkadang muncul karena beberapa sebab. Ada beberapa penyebab infeksi lambung dari serangan bakteri ataupun kondisi asam lambung cukup tinggi. Sampai akhirnya butuh penanganan medis dalam waktu cepat dan tepat untuk mencegah terjadinya komplikasi.

Apakah Infeksi Lambung Bisa Sembuh?

Beberapa kondisi dari penderita infeksi lambung bisa sembuh dalam kurun waktu 2-5 hari. Namun, ada beberapa kondisi penderita justru membutuhkan waktu lama untuk disembuhkan ataupun kembali kondisi normal. Infeksi lambung kerap terjadi akibat bakteri H.Pylori masuk ke tubuh melalui kontak air liur, muntah, hingga feses manusia.

Tidak hanya melihat bagaimana potensi dari infeksi lambung dapat disembuhkan. Tetapi Anda perlu mengetahui sejauh mana faktor resiko bisa meningkatkan infeksi lambung hingga terjadi komplikasi.

1. Kondisi Lingkungan Padat Penduduk dan Kurang Bersih

Lingkungan sekitar rumah tidak bersih ataupun padat penduduk menjadi penyebab terjadinya infeksi akibat bakteri. Resiko dari lingkungan kurang bersih bisa lebih besar ketika kebiasaan hidup sehari-hari tidak memperhitungkan kebersihan makanan dan minuman. Untuk itu, kondisi lingkungan padat penduduk hingga lingkungan tidak tertata bisa jadi penyebab infeksi lambung cukup parah.

2. Kualitas Air Kurang Bersih

Berikutnya dari kualitas air juga kurang bersih dan akhirnya menjadi penyebab kuman dan bakteri infeksi lambung. Pengolahan air kurang bersih juga tidak berdampak baik terhadap kesehatan tubuh. Apalagi kondisi lingkungan kurang bersih termasuk air yang juga menyumbang beberapa penyebab penyakit lainnya.

3. Tinggal Bersama Seseorang Pengidap Infeksi Bakteri H.Pylori

Masih ada risiko dan penyebab munculnya pertanyaan apakah infeksi lambung bisa sembuh? Salah satunya kondisi lingkungan hidup berdampingan bersama pengidap infeksi bakteri H.Pylori. Pada tingkat tertentu seorang penderita infeksi bakteri H.Pylori memiliki kondisi berbeda-beda. Sistem imun seseorang masih memberi kondisi berbeda untuk bisa menginfeksi seseorang dengan kondisi imun kurang kuat.

Kondisi tubuh seseorang penderita infeksi lambung masih bisa terkontrol dengan cara memperbaiki kualitas hidup baik itu makanan, minuman, dan tempat tinggal. Untuk itu Anda perlu mencermati kembali apakah infeksi lambung bisa sembuh? Hingga akhirnya penanganan lebih cepat menjadi kunci untuk mengurangi penyebaran bakteri H.Pylori dan mencegah komplikasi ke organ tubuh lainnya.

Penanganan Infeksi Asam Lambung

Berikut ini ada beberapa penanganan tepat bagi penderita infeksi lambung hingga akhirnya persebaran bakteri penyebabnya bisa dikurangi hingga kembali normal.

1. Pemberian Antibiotik

Terapi antibiotik menjadi pertolongan pertama dan utama pada penderita infeksi lambung. Untuk itu, tujuan pemberian antibiotik ini adalah membunuh bakteri penyebab infeksi lambung. Jenis antibiotik mulai dari tetracycline, amoxicillin, clarithromycin, tinidazole, hingga metronidazole sesuai dengan resep dokter.

Bahkan dokter bisa menggunakan dua resep antibiotik sekaligus untuk kondisi infeksi lambung cukup parah.

2. Pemberian Terapi Obat Nyeri Lambung

Berikutnya, jawaban dari apakah infeksi lambung bisa sembuh adalah penggunaan obat nyeri lambung sebagai terapi. Produksi asam lambung pada penderita biasanya meningkat untuk mencegah infeksi menyebar ke organ lain. Namun, pada kondisi asam lambung cukup tinggi tersebut membuat penderita justru kurang nyaman dalam mengkonsumsi makanan dan minum.

Sampai akhirnya kondisi tubuh semakin lemas karena asupan nutrisi kurang mencukupi, hingga akhirnya pemberian terapi obat nyeri lambung seperti lansoprazole, pantoprazole, rabeprazole, dan lainnya sesuai resep dokter. Pemberian terapi pereda asam lambung ini harus sesuai aturan dan dosis. Hingga penggunaannya dihentikan bila kondisi lambung ataupun infeksi berkurang.

Kondisi infeksi lambung dapat disembuhkan lebih cepat bila penderita disiplin dalam menentukan menu makanan dan minuman sesuai dokter. Penderita infeksi lambung cenderung mengkonsumsi lauk saja, dan menghindari sayuran ataupun buah untuk mencegah diare.

3. Pemberian Obat Bismuth Subsalisilate

Kriteria bakteri Pylori ini terbilang cukup cepat menyebar dan harus cepat dalam penanganannya. Untuk itu, dalam membantu antibiotik dalam membunuh bakteri penyebabnya perlu diberikan Bismuth Subsalisilate sesuai dosis dokter. Metode ini menjadi cara tepat agar perkembangan bakteri bisa ditekan sampai benar-benar hilang.

4. Pemberian Obat Antihistamine

Pada kondisi tertentu, infeksi lambung butuh tambahan obat bernama Antihistamine yang mana mampu merangsang tubuh dalam membendung produksi histamin ataupun zat kimia berperan dalam menghasilkan asam lambung lebih banyak. Terapi antihistamine perlu pengawasan dokter, untuk itu dalam kondisi perawatan di rumah sakit sudah mendapat perawatan dan terapi obat Antihistamine.

Apakah infeksi lambung bisa sembuh masih tergantung pada terapi obat dan perubahan gaya hidup lebih sehat. Konsumsi obat berupa kapsul metama bisa jadi solusi untuk menyembuhkan infeksi lambung. Tidak hanya itu, kapsul metama juga dapat diandalkan sebagai terapi obat.

Baca Juga : Obat Herbal Maag METAMA Rahasia Sembuh Alami

Tinggalkan Komentar