obat susah buang air besar dan buang air kecil

Makanan Untuk Atasi Gejala Sembelit

Daftar makanan yang dapat dijadikan obat alami susah buang air besar, Untuk hasil lebih baik konsumsi obat Maag Herbal METAMA.

Kapsulmetama.com – Susah buang air besar atau sembelit bisa dialami oleh siapa saja, dari orang dewasa, anak-anak, sampai bayi. Gangguan kesehatan yang dalam dunia medis disebut dengan konstipasi ini diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti jarang berolahraga, kurang minum air putih, kebiasaan menahan BAB, sampai minimnya asupan serat dalam tubuh.

Jangan anggap remeh jika Anda mengalami susah buang air besar, sebab konstipasi yang terjadi dalam waktu lama bisa berakibat pada memburuknya kondisi usus. Pada tahap yang paling mengkhawatirkan, kondisi ini bisa berujung pada kanker usus.

Makanan Untuk Meredakan Sembelit

Namun, Anda juga tak perlu khawatir berlebihan. Sembelit bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi makanan-makanan berikut.

  1. Mengkudu

    Meski rasa dan aromanya kurang sedap, mengkudu ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk melancarkan BAB. Buah berbintik yang teksturnya melembek saat matang ini diketahui mengandung morindon, senyawa alami yang berperan sebagai zat pencahar. Tak heran jika banyak obat dan jamu khusus pencernaan yang terbuat dari ekstrak mengkudu. Untuk meredakan konstipasi, pilihlah mengkudu yang sudah matang. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau dibuat jus.

  2. Lidah Buaya

    Selain sering dimanfaatkan dalam pembuatan produk kecantikan, lidah buaya juga menyimpan manfaat yang sangat baik untuk mencegah sembelit, lho. Gel dari tanaman ini memiliki kandungan pencahar alami, yakni antrakuinon. Karenanya, lidah buaya bisa menjadi alternatif pengobatan untuk mengatasi gangguan pencernaan dan mengatasi susah BAB.

  3. Buah dan Sayuran

    Pada dasarnya, segala jenis buah dan sayuran mengandung vitamin C dan serat yang sangat diperlukan tubuh untuk membantu memperbaiki metabolisme dan melancarkan pencernaan. Orang yang kekurangan serat cenderung lebih mudah mengalami konstipasi saat BAB. Konsumsi sayur dan buah (terutama yang kandungan airnya tinggi) dipercaya mampu membuat pencernaan lebih sehat.

  4. Oatmeal

    Oatmeal bisa jadi alternatif makanan untuk mencegah konstipasi karena kandungan seratnya yang jauh lebih tinggi dibandingkan sumber karbohidrat lain seperti nasi. Konsumsi oatmeal setiap hari sangat bermanfaat untuk mengatasi keluhan susah BAB sekaligus membuat tubuh lebih sehat.

  5. Air Kelapa Muda

    Selama ini, air kelapa muda lebih dikenal sebagai obat alami penetral tubuh. Namun ternyata manfaatnya tak berhenti sampai di situ, lho. Air kelapa pun bisa menjadi obat pelancar BAB alami yang aman untuk orang dewasa dan anak-anak.

METAMA Obat Alami Susah Buang Air Besar

Itulah beberapa makanan yang bermanfaat untuk meredakan konstipasi dan melancarkan BAB. Untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda juga bisa mengonsumsi Metama. Metama merupakan obat herbal yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti kunyit dan ketumbar yang efektif membantu mengatasi sulit BAB.

Selain itu, obat yang sudah terdaftar di BPOM ini juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan pencernaan tanpa menimbulkan efek samping.

Baca Juga

Obat Maag Herbal terbaik

Tinggalkan Komentar