METAMA

Penyakit Maag | Penyebab, Gejala & Obat Herbal

METAMA, obat maag kronis tradisional paling ampuh dibuat dengan cara alami dari tumbuhan ekstrak kunyit herbal berkhasiat dengan bentuk kapsul.

Kapsulmetama.com – Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang memiliki penduduk dengan prosentase memiliki penyakit maag terbesar di dunia.

Penyakit maag atau dyspepsia merupakan gejala penyakit yang berupa nyeri dan panas di lambung dikarenakan beberapa kondisi.

Selain dyspepsia fungsional atau penyakit maag yang tidak diketahui penyebabnya, maag disebabkan oleh kondisi ketergantungan obat, infeksi bakteri Helibactor pylori, tukak lambung dan stress.

Penyebab Penyakit Maag

Maag bisa disebabkan oleh banyak hal seperti ulasan yang telah disebutkan sebelumnya seperti konsumsi obat-obatan tertentu seperti antiinflamasi nonsteroid, infeksi baktei Helibactor pylori, tukak lambung dan stress.

Namun, Anda juga harus tahu bahwa ada beberapa faktor yang bisa memperbesar risiko terkena penyakit maag antara lain:

  • Merokok
  • Terlalu banyak mengkonsumsi kafein, alkohol, minuman bersoda
  • Makan yang terlalu cepat dan dalam porsi terlalu banyak
  • Sering mengkonsumsi makanan pedas, berminyak  dan mengandung lemak tinggi
  • Stress yang berlebihan
  • Mengalami jenis penyakit tertentu seperti penyumbatan pada usus, batu empedu, GERD, gastritis, pankreatitis dan masih banyak kondisi maag akibat menderita penyakit khusus.

Mengetahui faktor penyebab yang bisa memperbesar risiko penyakit maag semakin parah tentu bisa menjadi bahan acuan tersendiri.

Anda yang masih sehat atau mengalami gejala maag, wajib segera melakukan pola hidup sehat agar terhindar dari risiko penyakit maag kronis.

Jika tidak segera dilakukan upaya penanganan dan pencegahan, maag kronis bisa berakibat fatal pada komplikasi penyakit yang berujung pada kematian.

Oleh sebab itu, Anda juga harus menerapkan gaya hidup sehat seperti rutin mengkonsumsi sayur dan buah, istirahat yang cukup, olahraga setiap hari dan kelola stress dengan benar.

Lakukan pemeriksaan medis berkala untuk mengecek kesehatan tubuh seiring pertambahan usia.

Mengetahui ciri-ciri sakit lambung kronis sejak awal akan membantu langkah pengobatan yang tepat.

Gejala Maag

Sebelum memutuskan untuk memberikan obat maag kronis, Anda harus mengetahui gejala awal penyakit lambung yang wajib diwaspadai berikut ini.

  1. Rasa panas seperti sensasi terbakar pada bagian perut atas
  2. Kembung
  3. Mual dan muntah
  4. Sering bersendawa  dan buang gas kentut berlebihan
  5. Mengalami refluks lambung
  6. Sering merasa kenyang saat makan dan merasa kenyang berkepanjangan setelah mengkonsumsi sesuatu
  7. Mengalami diare

Gejala maag kronis bisa terjadi dalam waktu lama dan berulang sehingga Anda harus memperhatikan hal ini lebih teliti.

Selain gejala yang sering dialami para penderita maag di atas, ciri-ciri sakit lambung kronis antara lain mengalami penurunan nafsu makan yang berimbas pada berat badan yang ikut menurun secara signifikan.

Jika dibiarkan berlarut-larut, penyakit maag kronis bisa mengakibatkan risiko komplikasi lho!

Komplikasi Maag Kronis

Kalau Anda menderita penyakit gejala maag dan acap abai pada kesehatan diri sendiri, risiko gejala maag berkembang memberikan ciri-ciri sakit lambung kronis yang harus diwaspadai.

Agar Anda bisa memperhatikan kesehatan diri sendiri mulai sekarang, berikut komplikasi penyakit maag kronis yang wajib Anda ketahui.

  1. Tukak lambung

    Komplikasi penyakit maag kronis adalah mengalami tukak lambung atau peradangan pada dinding lambung dan usus 12 jari. Tukak lambung akan membuat penderita merasa tidak nyaman serta mengalami nyeri berat di bagian lambung.

  2. Gastritis atrofi

    Peradangan kronis yang terjadi pada lambung yang menyebabkan kehilangan lapisan dan kalenjar pada lapisan dinding lambug menyebabkan kondisi gastritis atrofi ini.

  3. Anemia

    Bagaimana bisa seseorang yang mengalami penyakit maag akut bisa menjadi anemia? Ya, hal ini dikarenakan iritasi pada lambung yang kian parah bisa menyebabkan pendarahan lambung. Kehilangan darah terlalu banyak tersebut yang menyebabkan penderita maag kronis mengalami anemia.

  4. Tubuh kekurangan vitamin B12

    Dampak komplikasi pada seseorang yang mengalami maag kronis adalah mengalami kekurangan vitamin B12. Padahal, vitamin B12 berguna untuk menjaga kesehatan sel saraf, sel darah serta membantu penyusunan DNA. Bila tubuh mengalami masalah penyerapan vitamin B12, Anda bisa saja mengalami risiko penyakit seperti anemia, depresi, sembelit dan lain-lain.

  5. Risiko kanker

    Maag disebabkan oleh banyak faktor yang harus diperhatikan dengan baik. Mengabaikan dampak jangka panjang dari gejala maag bisa menyebabkan komplikasi parah. Salah satu efek negatif yang paling berbahaya adalah risiko kanker.

Anda harus waspada jika memiliki riwayat penyakit maag dan sering merasakan gejala seperti nyeri ulu hati, kehilangan selera makan, penurunan berat badan drastis dan sebagainya.

Sebaiknya langsung cek ke dokter untuk mendeteksi kanker lambung lebih dini.

Untuk menghindari komplikasi sakit lambung kronis tersebut, sebaiknya lakukan penanganan jika mengalami gejala penyakit lambung kronis.

Pertolongan Pertama Sakit Maag

Lalu, bagaimana cara menangani orang yang menderita penyakit maag kronis? Berikut beberapa tips pertolongan pertama saat sakit maag kambuh yang bisa Anda lakukan di rumah.

Seseorang yang memiliki penyakit maag memang akan sering mengalami gejala penyakit lambung ini secara berkala. Kenaikan asam lambung bisa memicu gejala maag yang mudah kambuh.

Anda bisa mencoba mengatasi hal tersebut dengan beberapa trik pertolongan pertama saat sakit maag kambuh berikut ini.

Makan secara teratur

Langkah pertama menangani gejala maag yang kambuh adalah membiasakan makan teratur.

Pencernaan bakal bekerja lebih teratur dan efisien kalau Anda memiliki pola makan yang baik.

Sebaiknya makan dalam intensitas sering namun porsi lebih kecil dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan sekali waktu dalam porsi lebih banyak.

Membatasi asupan gula rafinasi

Gula rafinasi merupakan gula yang memiliki warna putih jernih sebab telah melewati masa pemurnian dengan menghilangkan molase atau sirup gula.

Upaya penanganan agar gejala maag tidak kambuh secara berulang adalah mengurangi konsumsi gula rafinasi.

Gula ini banyak dijual di pasaran sebagai gula pasir atau sering dijadikan bahan penambah rasa manis pada makanan kemasan.

Tidak terlalu banyak minum saat Makan

Tips pertolongan pertama saat sakit maag kambuh bisa saja dilakukan dengan mengkonsumsi obat maag kronis.

Tetapi, alangkah baiknya melakukan evaluasi pola makan yang baik untuk mendukung proses penyembuhan yang maksimal.

Anda tidak boleh terlalu banyak minum air saat makan sebab bisa membuat asam lambung menjadi encer dan sulit mencerena makanan.

Makan secara pelan-pelan

Agar penyakit maag tidak kambuh terus menerus, sebaiknya Anda juga membiasakan untuk makan secara perlahan.

Cara ini efektif sebagai penanganan terbaik untuk orang yang sering mengalami gejala maag kambuh.

Mengunyah makanan secara perlahan bisa membuat makanan terpecah menjadi bentuk lebih halus yang akan mempermudah kinerja sistem pencernaan tubuh Anda.

Sebaiknya Anda mulai mematuhi saran untuk mengunyah makanan hingga 32 kali sebelum benar-benar menelannya.

Cara ini akan membuat nutrisi makanan lebih mduah diserap tubuh lho!

Tidur miring ke kiri

Tips pertolongan pertama saat sakit maag kambuh adalah tidur miring ke kiri.

Tidur yang miring ke kiri akan membantu isi perut tetap berada di dasar lambung dan otot katup yang menjadi batasan atau gerbang bukaan lambung dan kerongkongan  tetap berada di atas cairan asam lambung dalam kondisi tertutup.

Jika tidur miring ke kanan, otot katup akan merenggang dan berpotensi membuat cairan asam lambung kembali naik ke kerongkongan.

Mengkonsumsi suplemen zink

Pertolongan pertama saat sakit maag kambuh adalah mengkonsumsi suplemen zink yang bisa membantu tubuh mengendalikan produksi asam lambung berlebihan.

Oleh sebab itu, penderita yang memiliki ciri-ciri sakit lambung kronis harus mempertimbangkan konsumsi suplemen zink seperti vitamin C, E, B6 dan magnesium.

Mengelola stress dengan baik

Stress bisa memicu masalah penyakit fisik serius pada tubuh.

Kaum Millenial yang super sibuk dan sulit membagi waktu antara pekerjaan dan kehidupan pribadi rentan sekali mengalami stress.

Termasuk pula ibu rumah tangga yang tidak bisa memiliki waktu untuk relaksasi tubuh dan pikiran.

Tips Mengelola Stres

Mengelola stress merupakan obat maag kronis tradisional yang paling ampuh.

Anda bisa menghilangkan stress dengan melakukan hobi yang disukai, menonton film, membaca, mendengarkan musik dan ebrbagai aktivitas positif lain.

Kalau Anda merasa dilanda stress saat tengah aktif berkegiatan, bisa mencoba untuk mengambil napas dalam-dalam hitungan 10 detik dan hembuskan perlahan.

Jadi, Anda bisa mencoba melakukan pertolongan pertama saat sakit maag kambuh ya!

Jika memang diperlukan, segera untuk melakukan konsultasi pada dokter atau jasa medis agar bisa dilakukan penanganan lebih lanjut.

Supaya Anda memiliki hidup yang lebih sehat, sebaiknya tahu pula apa yang menyebabkan penyakit maag dan kondisi yang bisa memparah kondisi tersebut.

Pantangan Sakit Maag

Pantangan sakit maag antara lain menghindari konsumsi makanan atau minuman yang bisa memperburuk kondisi penyakit maag.

Makanan dan minuman yang dilarang antara lain kopi, alkohol, susu, makanan yang sulit dicerna, daging merah dan sumber karbohidrat seperti ketan, dodol, mie dan sebagainya.

Makanan yang digoreng atau berlemak dengan kuah santan juga sangat tidak direkomendasikan.

Penderita maag sebaiknya makan makanan yang direbus, dikukus atau dibakar.

Buah atau sayuran yang mengandung gas juga masuk dalam pantangan sakit maag antara lain sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong dan buah yang dikeringkan.

Hilangkan sepenuhnya kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan merokok yang bisa menyebabkan peradangan pada lambung bahkan bisa meningkatkan risiko terkena kanker mulut, kerongkongan dan lambung.

Jangan pernah langsung membaringkan tubuh atau tiduran sesuai makan.

Waktu ideal tidur atau berbaring setelah makan besar adalah dua jam.

Anda juga bisa mengunyah permen karet sebab bisa merangsang produksi air liur dan memindahkan asam lambung lebih cepat menuju ke usus kecil.

Mengetahui berbagai pantangan sakit maag bisa membantu Anda lebih berhati-hati menjaga pola hidup tetap sehat.

Jika Penyakit Maag Tak Sembuh?

Pada orang yang menderita penyakit maag ringan, obat maag herbal kronis tradisional paling ampuh adalah mengubah pola hidup lebih sehat. Tanpa pengobatan medis pun, penyakit maag ringan bisa hilang sendiri. Tetapi, hal ini tentu akan sulit jika Anda telah mengalami ciri-ciri sakit lambung kronis. Anda membutuhkan pengobatan dokter terkait untuk upaya menyembuhkan penyakit maag.

Cara menyembuhkan penyakit maag secara total biasanya dilakukan dengan melihat kondisi tubuh penderita. Dokter akan melakukan terapi obat untuk mengatasi permasalahan sakit maag yang semakin buruk. Penggunaan obat-obatan bisa menjadi solusi menangani sakit maag yang diderita oleh pasien. Contoh jenis obat yang diresepkan antara lain antasida, obat antagonis reseptor H2 (H2RA), obat penghambat pompa proton (PPI), Prokinetik, antibiotik dan antidepresan.

Obat maag herbal tersebut disesuaikan dengan indikasi penyebab penyakit maag yang diderita pasien. Selain langkah penanganan dengan terapi opat, upaya mengobati penyakit maag juga dilakukan yaitu psikoterapi. Bisa jadi penyebab utama penyakit maag yang diderita pasien adalah kondisi stress dan depresi yang harus ditangani dengan psikoterapi. Terapi psikologis yang bisa menangani rasa cemas, stress dan depresi antara lain meditasi, relaksasi dan terapi bicara.

Obat Herbal Untuk Atasi Maag

Kalau Anda tidak menginginkan dampak buruk mengkonsumsi obat-obatan berbahan kimia, sebaiknya mulai mencari langkah pertolongan menangani penyakit maag secara alami. Anda wajib mencoba ramuan alami tradisional yang telah dipercaya secara bertahun-tahun untuk mengatasi penyakit maag yang diderita. Obat maag herbal paling mujarab adalah ketumbar dan kunyit.

Pada bahan ketumbar bisa mengobati gangguan maag dan melancarkan sistem pencernaan tubuh. Bahan alami ini juga bisa menjadi peluruh kentut, mencegah mual dan pusing yang sering terjadi pada penderita maag. Sedangkan kunyit mengandung kurkumin yang kaya minyak atsiri yang bisa menekan keluarnya asam lambung berlebihan serta meningkatkan kandungan mucus dari getah lambung.

Kandungan kurkumin ini bisa mengurangi gerak usus terlalu kuat, melindungi lambung dan bisa mencegah diare. Kunyit juga bisa menjadi antiradang dan antibakteri yang ampuh mematikan kuman. Konsumsi ramuan kunyit secara rutin bisa melindungi lambung Anda dari risiko buruk penyakit maag kronis. Anda bisa membuat ramuan tradisional sendiri yang lebih higienis, murah dan efektif menyembuhkan maag secara total.

Tetapi, ramuan tradisional ini memang membutuhkan waktu Anda untuk membuatnya sendiri di dapur. Kalau Anda tipe orang yang sibuk dan tidak mungkin bisa membuat ramuan tradisional ketumbar dan kunyit setiap hari, bisa mempertimbangkan obat maag herbal kronis tradisional paling ampuh yaitu kapsul METAMA. Konsumsi obat herbal tradisional yang dikemas modern ini bisa menjadi solusi mengatasi lambung kronis Anda.

Obat Maag Herbal Metama

Kapsul METAMA terbuat dari bahan tradisional yang bisa menjadi cara menyembuhkan penyakit maag secara total. Kapsul herbal ini telah memiliki legalisasi halal dan sertifikasi BPOM yang aman dikonsumsi sebagai langkah pemelihaaan lambung dan penyembuhan sakit maag. Anda hanya perlu menyesuaikan aturan minum kapsul METAMA sesuai dengan kebutuhan.

obat herbal maag

Misalnya Anda yang ingin memelihara lambung tetap sehat dan bebas dari ciri-ciri lambung kronis, bisa mengkonsumsi 3 x 1 kapsul herbal setiap hari. Sedangkan bagi Anda yang telah menderita penyakit maag baik ringan atau kronis, bisa mengkonsumsi kapsul METAMA setidaknya 3 x 2 setiap hari. Kapsul ini harus dikonsumsi oleh orang dewasa saja sebelum makan dan tidak direkomendasikan untuk ibu hamil atau menyusui.

Selama Anda memperhatikan aturan minum dan dosis yang benar, pertolongan pertama saat sakit maag kambuh bisa teratasi dengan baik. Tak hanya bisa menyembuhkan sementara saja tetapi bisa menyembuhkan secara total. Anda bisa terbebas dari rasa sakit maag yang selama ini begitu mengganggu kenyamanan. Mengkombinasikan gaya hidup sehat dengan konsumsi kapsul METAMA herbal tanpa bahan kimia akan membuat Anda bisa bebas dari penyakit maag. Yuk, mulai hidup sehat dari sekarang juga.

Baca Juga:

Obat Herbal Untuk Penyakit Asam Lambung

maag kambuh saat malam

Solusi PENGOBATAN Untuk Sakit Maag Kronis

Penyakit maag memiliki banyak jenis mulai dari penyakit ringan hingga kronis, kamu perlu mengetahui metode pengobatan dan pencegahan penyakit ini.

Penyakit Maag

Maag atau sering disebut juga dengan nama dispepsia atau radang lambung atau juga tukak lambung merupakan gejala nyeri dan rasa panas pada bagian lambung akibat dari beberapa kondisi kesehatan. Kata maag sendiri merupakan sebuah istilah yang sering digunakan untuk mendefinisikan keluhan pada bagian sistem pencernaan.

Penyakit yang meliputi dari maag seperti gastroesophageal reflux disease atau GERD, irritable bowel syndrome atau IBS, infeksi pada perut, peradangan lambung atau gastritis dan tukak lambung.

Penyebabnya bisa bermacam macam, salah satunya luka pada lapisan organ lambung atau biasa disebut tukak lambung, lalu infeksi dari bakteri bernama Helicobacter pylori, kemudian bisa dari efek samping penggunaan obat anti inflamasi nonsteroid dan terakhir disebabkan oleh stres.

Jenis Penyakit Maag

Secara umum ada 2 jenis penyakit maag yaitu :

  • Gastritis Akut

Saat peradangan di lapisan bagian lambung terjadi secara tiba tiba maka akan mengakibatkan gastritis akut. Jenis penyakit maag ini biasanya akan menyebabkan nyeri pada bagian ulu hati yang sangat hebat tetapi hanya bersifat sementara saja.

  • Gastritis Kronis

Ketika peradangan di lapisan bagian lambung terjadi dengan perlahan lahan dan dalam jangka waktu yang lama maka itu merupakan jenis maag gastritis kronis. Rasa sakit yang disebabkan oleh gastritis kronis ini sedikit lebih ringan daripada jenis gastritis akut, tetapi waktu sakitnya jauh lebih lama.

Dan berdasarkan tingkat keparahannya, penyakit maag ini dibagi menjadi 4 bagian :

  1. Maag Ringan

Ketika penyakit maag masih di tahap ini biasanya hanya muncul saat produksi asam lambung yang mulai berlebih.

  1. Maag Sedang

Untuk tahap maag sedang dapat mengakibatkan rasa nyeri disertai mual yang sangat menyiksa.

  1. Maag Kronis

Rasa sakit akibat yang dirasakan terus muncul dan  dapat membuat aktivitas terganggu.

  1. Kanker Lambung

Tahap paling berbahaya dari penyakit maag adalah berubahnya menjadi penyakit kanker lambung yang disebabkan oleh bakteri helycobacter pylori.

Gejala & Ciri Ciri Sakit Maag

Penyakit maag yang biasa menyerang di awal biasanya adalah penyakit dengan gejala ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya. Tapi mungkin berbeda bila penyakit maag telah masuk ke level kronis, sebaiknya segera lakukan penanganan serius jika mengalamai gejala dan ciri ciri berikut ini :

  1. Sering Mual dan Muntah

Ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan makan yang berlebihan dengan jeda waktu yang singkat. Lalu adanya peningkatan dari asam lambung yang naik ke bagian kerongkongan yang menyebabkan sakit perut bahkan nyeri pada bagian dada.

Kondisi tersebut dapat memperbesar peluang untuk memicu munculnya rasa mual yang kemudian membuat anda muntah.

  1. Perut selalu terasa kembung

Naiknya asam lambung selalu menghasilkan banyak sekali gas di dalam perut. Menumpuknya jumlah gas yang banyak terserbut akan membuat perut menjadi terasa kembung. Rasanya seperti terisi dengan makanan yang banyak.

Padahal yang membuat kembung tersebut bukanlah makanan atau minuman melainkan gas yang dihasilkan oleh asam lambung.

Biasanya gejala seperti ini sering dialami oleh penderita yang memiliki tukak lambung atau gangguan pada pencernaan lainnya yang dapat memicu penyakit maag.

  1. Sangat mudah untuk kenyang

Perut yang sakit akibat gejala maag biasanya penuh dengan produksi asam lambung yang berlebih dan juga gas. Hal ini akan membuat anda menjadi merasa terus kenyang.

Padahal, belum ada nasi atau minuman yang masuk ke dalam perut anda. Itu akan menyebabkan anda menjadi malas untuk melakukan aktivitas makan.

  1. Sering mengeluarkan sendawa

Peningkatan produksi asam pada lambung yang memicu asam lambung naik ke kerongkongan menjadi penyebab anda sering bersendawa. Tapi sendawa ini justru merupakan cara terbaik untuk dapat melegakan bagian perut dan kerongkongan. Karena udara yang menumpuk pada perut akan ikut keluar bersama dengan sendawa anda.

Tetapi sendawa yang dilakukan saat kondisi normal akan berbeda jauh dengan orang yang sedang mengalami gejala penyakit maag.

Kondisi sendawa adalah salah satu dari gejala penyakit maag yang akan terjadi berulang kali. Kondisi ini akan terjadi dengan sendirinya untuk meringankan keluhan perut sakit yang penuh dengan asam lambung.

Tetapi jangan sesekali membuat kondisi sendawa yang dipaksakan, karena hal tersebut justru akan menjadikan keadaanmu lebih parah. Sengaja bersendawa hanya akan memperbanyak jumlah udara yang ada di dalam perut anda yang mengakibatkan sakit yang tidak tertahankan.

  1. Nafsu makan akan menurun yang disebabkan oleh sakit perut

Dikarenakan penuhnya isi perut dengan gas yang diproduksi dengan jumlah berlebih. Maka membuat anda menjadi malas untuk makan, karena perut anda menjadi terasa penuh dan kenyang terus.

  1. Sulit saat akan Menelan

Karena terjadi penyempitan esofagus menyebabkan penderita gangguan asam lambung sulit untuk menelan makanan.

  1. Mulut terasa pahit dan asam

Asam lambung yang naik bersama dengan makanan atau minuman yang mencapai kerongkongan, dapat menyebabkan mulut terasa pahit dan asam. Biasanya makanan dan minuman yang telah memasuki lambung tidak akan keluar dari sistem pencernaan.

Dalam hal ini penyakit gerd merupakan penyebab maag yang dapat membuat mulut terasa pahit dan asam.

  1. Nyeri pada bagian Ulu Hati dan merasakan sensasi seperti terbakar pada bagian dada

Produksi asam lambung yang berlebih dalam jumlah yang banyak akan membuatnya naik ke atas. Asam lambung akan mengalir melalui organ bagian ulu hati dan terus menuju ke dada kemudian mencapai kerongkongan. Penyebab maag yang dilalui dengan gejala ini biasanya sering terjadi dikarenakan penyakit Gerd atau refluks asam lambung.

Gejala untuk maag yang dikarenakan oleh gerd tidak sama dengan kenaikan asam lambung biasa yang dapat kembali normal dengan mudah. Kadang, penyakit maag dapat membuat anda mengalami sensasi seperti terbakar yang berada tepat pada bagian tengah dada dan perut atas anda.

Sensasi tersebut biasanya disebut dengan heartburn, tentu saja rasa terbakar tersebut pasti tidak akan membuat nyaman dan sangat sakit. Tapi biasanya rasa sakit yang dirasakan oleh setiap individu akan berbeda-beda. Ada yang dengan gejala ringan dan ada juga yang kronis.

  1. Berat badan tiba-tiba turun drastis tanpa sebab.

Akibat dari selalu merasakan kenyang, dan nafsu makan yang menurun mengakibatkan anda menjadi tidak memiliki berat badan yang ideal dan membuat anda kurus karena malas untuk makan.

  1. Merasa tidak enak setelah makan

Disebabkan oleh terus merasa kenyang, makan porsi makan anda akan menjadi sedikit. Hal ini menimbulkan rasa tidak nyaman ketika selesai menyantap makanan anda karena terus merasa kenyang.

  1. Tinja berwarna gelap disertai dengan darah

Kemungkinan terjadinya pendarahan pada kerongkongan atau lambung yang menyebabkan tinja memiliki warna gelap dan bisa saja diikuti dengan darah yang keluar.

  1. Muntah darah

Munculnya robekan pada lapisan esofagus atau lambung dapat menyebabkan muntah darah.

  1. Kesulitan untuk bernapas

Terganggunya proses pernafasan dikarenakan adanya sistem pencernaan yang tidak berfungsi semestinya, seperti penyempitan esofagus.

  1. Terkena penyakit Insomnia

Kadang sendawa yang datang saat terlambat makan dan diikuti dengan nyeri pada ulu hati membuat penderitanya tidak bisa tidur dengan nyenyak.

  1. Secara tiba-tiba merasakan sakit perut yang sangat menyakitkan

Hal yang berhubungan dengan sistem pencernaan pastinya selalu menimbulkan efek samping seperti nyeri pada bagian perut. Gejala naiknya asam lambung tersebut akan terasa seperti memenuhi isi perut.

Karena kondisi itu yang akan membuat anda merasakan rasa sakit pada bagian perut anda.

Sensitif terhadapa makanan yang pedas dan memiliki lemak biasanya adalah gejala awal dari yang dapat memicu penyakit maag. Tetapi biasanya gejala seperti ini selalu diabaikan begitu saja.

Gejala diatas bisa berdampak buruk bila dibiarkan terus menerus apabila jika disertai stress. Penyakit maag disebabkan dari kebiasaan makan yang banyak dan dalam waktu yang cukup singkat. Atau mungkin bisa juga karena mengkonsumsi makanan yang bersifat pedas dan memiliki banyak sekali lemak.

Penyebab Sakit Maag

Kamu juga harus mengetahui dan bersikap waspada dengan beberapa penyebab yang dapat memicu munculnya penyakit maag berikut ini :

  • Infeksi dari bakteri bernama Helicobacter, infeksi dari bakteri ini dapat memicu kanker pada lambung. Peradangan yang terjadi secara terus menerus dan mengganggu metabolisme sel sel yang terdapat di dalam dinding lambung merupakan ulah dari bakteri tersebut.
  • Luka pada lambung atau sering disebut juga tukak lambung pada bagian lapisan lambung.
  • Efek samping yang timbul akibat dari penggunaan obat anti inflamasi nonsteroid. Kadang penggunaan obat obatan ini sangat keras bagi lambung anda.
  • Kondisi stress atau emosi negatif anda dapat menjadi pemicu bertambahnya produksi asam lambung menjadi 100x lipat dibandingkan ketika anda lapar. Dan juga kondisi stress ini dapat membuat sistem daya tahan tubuh anda menurun drastis dan mengacaukan keseimbangan dari metabolisme anda. Selain itu, stress juga bisa melemahkan dinding mukosa pada lambung dan memicu risiko terjadinya gejala maag.

Faktor penyebab lainnya dari sakit maag juga bisa muncul dikarenakan oleh pola hidup yang kurang sehat seperti :

  1. Aktifitas merokok
  2. Melakukan diet yang terlampau ketat
  3. Faktor usia atau umur yang sudah bertambah
  4. Sering mengkonsumsi alkohol secara berlebihan
  5. Selalu mengkonsumsi obat untuk pereda nyeri dengan melebihi dosis yang dianjurkan
  6. Obesitas atau kelebihan berat badan juga dapat memicu munculnya penyakit maag

Komplikasi

Ada beberapa komplikasi yang terjadi akibat dari penyakit maag, diantaranya :

  • Stenosis Pilorus

Iritasi jangka panjang yang terjadi pada lapisan sistem pencernaan akan mengakibatkan komplikasi pada lambung. Pilorus yang menjadi jalur untuk lambung dan usus kecil akan menjadi menyempit dan parut serta menyebabkan makanan tidak dapat dicerna dengan benar.

  • Esofagus Barret

Kerongkongan yang terus menerus terkena oleh asam lambung akan memiliki peluang besar menjadikan sel pada lapisan bawah kerongkongan menjadi sel kanker.

  • Penyempitan Esofagus

Sakit maag yang muncul berulangk kali akibat dari refluks asam lambung akan membuat penyempitan esofagus. Gejala ini akan membuat seseorang kesulitan untuk menelan dan terasa sakit di bagian dada.

Diagnosis Penyakit

Pastikan gejala penyakit maag yang anda derita dengan mendiagnosanya ke dokter agar anda mengetahui apakah penyakit maag anda termasuk dalam katergori ringan atau kronis. Langkat berikut merupakan cara dokter mendiagnosa :

  • Melakukan pengecekan dari mulai keluhan, gejala dan riwayat yang diderita oleh pasien kemudian akan dilakukan pemeriksaan di lab untuk melihat gangguan siklus dari metabolisme dan tiroid.
  • Lalu dilanjutkan dengan pengecekan melalui endoskopi dan juga sampel jaringan.
  • Sampel tinja akan digunakan untuk dilakukan pengecekan kondisi dari saluran pencernaan yang ada di bagian atas
  • Melakukan pemeriksaan dari infeksi bakteri helicobacter pylori dengan menggunakan alan CT scan atau bisa juga dengan X-ray yang mana dapat sekaligus melihat kondisi usus dan lambung secara bersamaan.

 

Metode Pengobatan

Ada banyak obat obatan yang dijual yang berkhasiat untuk pengobatan maag ringan dan juga kronis. Mulai dari obat obatan yang berbahan kimia sampai yang berbahan dari tanaman herbal.

Untuk Sakit maag kelas ringan biasanya akan hilang dengan sendirinya, tapi jika sakit maag telah parah atau kronis perlu diatasi dengan obat obatan seperti berikut ini :

  • Antasida dapat menetralkan produksi asam lambung anda.
  • Obat antidepresan dapat meredakan nyeri yang terasa saat maag.
  • Prokinetik juga bisa sebagai pereda rasa sakit.
  • Alginat bisa mengurangi sakit akibat refleks pada asam lambung.
  • Penghambat pompa proton (PPI) dapat mengurangi atau menekan jumlah produksi asam lambung yang berlebihan.
  • Antagonis Reseptor H2 (H2RA) memiliki manfaat seperti antasida.
  • Obat obat herbal seperti METAMA

cara penyembuhan penyakit maag
Klik Untuk Lihat Produk

Kegiatan Terapi seperti meditasi dan relaksasi mungkin juga bisa membantu meredakan gejala atau rasa sakit maag.

Bahaya Asam lambung Netral

Obat obatan kimia yang telah disebutkan diatas memiliki fungsi untuk menetralkan asam lambung. Tetapi akan menjadi berbahaya jika terus menerus dikonsumsi demi tujuan menetralkan asam lambung anda. Terdapat bahaya yang mengintai jika asam lambung anda netral, berikut beberapa bahayanya :

  • Dapat memicu munculkan penyakit usus buntu, karena makan yang masuk ke dalam lambung tidak dapat dicerna dengan sempurna. Makan yang tidak dapat dicerna di usus tersebutlah yang dapat memicu munculnya penyakit usus buntu, ulcer (borok di usus) dan sering buang angin atau kentut.
  • Munculnya sembelit dan diare hebat yang disebabkan oleh masuknya bakteri berbahaya yang lolos dari asam lambung yang kemudian masuk ke dalam usus. Bakteri ini akan memicu keseimbangan flora dalam usus dan menimbulkan penyakit sembeli dan diare tersebut.
  • Terganggungan keseimbangan enzim untuk pencerna makanan. Karena enzim yang biasanya akan distimulasi di dalam asam lambung menjadi tidak terstimulasi.
  • Penggunaan obat antisida yang melebihi batas wajah akan dapat memicu terganggunya fungsi pada organ ginjal.

Pencegahan Maag

Untuk anda yang tidak mengalami gejala maag tersebut, alangkah baiknya jika anda melakukan pencegahan agar tidak terserang penyakit maag. Karena melakukan pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Pencegahan sakit maag yang juga bisa dilakukan dengan meningkatkan pola hidup sehat melalui beberapa cara seperti :

  • Makan dengan pelan pelan dan juga usahakan porsinya kecil
  • Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan bersifat pedas dan berlemak banyak
  • Kurangi meminum minuman yang berkafein
  • Hindari mengkonsumsi obat obatan yang dapat memicu nyeri lambung.
  • Berhenti melakukan aktivitas merokok
  • Hindar stress, minta bantuan psikiater jika memang diperlukan agar anda menjadi lebih rileks.

Jika penanganan terhadap penyakit maag ini dilakukan dengan benar, maka sakit maag bukanlah penyakit yang perlu ditakutkan. Penderita penyakit maag hanya perlu mengetahui dan memahami cara mencegah dan pengobatan yang efektif untuk setiap gejala maag yang menyerang.

Tinggalkan Komentar