Penyakit maag memiliki banyak jenis mulai dari penyakit ringan hingga kronis, kamu perlu mengetahui metode pengobatan dan pencegahan penyakit ini.

Penyakit Maag

Maag atau sering disebut juga dengan nama dispepsia atau radang lambung atau juga tukak lambung merupakan gejala nyeri dan rasa panas pada bagian lambung akibat dari beberapa kondisi kesehatan. Kata maag sendiri merupakan sebuah istilah yang sering digunakan untuk mendefinisikan keluhan pada bagian sistem pencernaan.

Penyakit yang meliputi dari maag seperti gastroesophageal reflux disease atau GERD, irritable bowel syndrome atau IBS, infeksi pada perut, peradangan lambung atau gastritis dan tukak lambung.

Penyebabnya bisa bermacam macam, salah satunya luka pada lapisan organ lambung atau biasa disebut tukak lambung, lalu infeksi dari bakteri bernama Helicobacter pylori, kemudian bisa dari efek samping penggunaan obat anti inflamasi nonsteroid dan terakhir disebabkan oleh stres.

Jenis Penyakit Maag

Secara umum ada 2 jenis penyakit maag yaitu :

  • Gastritis Akut

Saat peradangan di lapisan bagian lambung terjadi secara tiba tiba maka akan mengakibatkan gastritis akut. Jenis penyakit maag ini biasanya akan menyebabkan nyeri pada bagian ulu hati yang sangat hebat tetapi hanya bersifat sementara saja.

  • Gastritis Kronis

Ketika peradangan di lapisan bagian lambung terjadi dengan perlahan lahan dan dalam jangka waktu yang lama maka itu merupakan jenis maag gastritis kronis. Rasa sakit yang disebabkan oleh gastritis kronis ini sedikit lebih ringan daripada jenis gastritis akut, tetapi waktu sakitnya jauh lebih lama.

Dan berdasarkan tingkat keparahannya, penyakit maag ini dibagi menjadi 4 bagian :

  1. Maag Ringan

Ketika penyakit maag masih di tahap ini biasanya hanya muncul saat produksi asam lambung yang mulai berlebih.

  1. Maag Sedang

Untuk tahap maag sedang dapat mengakibatkan rasa nyeri disertai mual yang sangat menyiksa.

  1. Maag Kronis

Rasa sakit akibat yang dirasakan terus muncul dan  dapat membuat aktivitas terganggu.

  1. Kanker Lambung

Tahap paling berbahaya dari penyakit maag adalah berubahnya menjadi penyakit kanker lambung yang disebabkan oleh bakteri helycobacter pylori.

Gejala & Ciri Ciri Sakit Maag

Penyakit maag yang biasa menyerang di awal biasanya adalah penyakit dengan gejala ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya. Tapi mungkin berbeda bila penyakit maag telah masuk ke level kronis, sebaiknya segera lakukan penanganan serius jika mengalamai gejala dan ciri ciri berikut ini :

  1. Sering Mual dan Muntah

Ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan makan yang berlebihan dengan jeda waktu yang singkat. Lalu adanya peningkatan dari asam lambung yang naik ke bagian kerongkongan yang menyebabkan sakit perut bahkan nyeri pada bagian dada.

Kondisi tersebut dapat memperbesar peluang untuk memicu munculnya rasa mual yang kemudian membuat anda muntah.

  1. Perut selalu terasa kembung

Naiknya asam lambung selalu menghasilkan banyak sekali gas di dalam perut. Menumpuknya jumlah gas yang banyak terserbut akan membuat perut menjadi terasa kembung. Rasanya seperti terisi dengan makanan yang banyak.

Padahal yang membuat kembung tersebut bukanlah makanan atau minuman melainkan gas yang dihasilkan oleh asam lambung.

Biasanya gejala seperti ini sering dialami oleh penderita yang memiliki tukak lambung atau gangguan pada pencernaan lainnya yang dapat memicu penyakit maag.

  1. Sangat mudah untuk kenyang

Perut yang sakit akibat gejala maag biasanya penuh dengan produksi asam lambung yang berlebih dan juga gas. Hal ini akan membuat anda menjadi merasa terus kenyang.

Padahal, belum ada nasi atau minuman yang masuk ke dalam perut anda. Itu akan menyebabkan anda menjadi malas untuk melakukan aktivitas makan.

  1. Sering mengeluarkan sendawa

Peningkatan produksi asam pada lambung yang memicu asam lambung naik ke kerongkongan menjadi penyebab anda sering bersendawa. Tapi sendawa ini justru merupakan cara terbaik untuk dapat melegakan bagian perut dan kerongkongan. Karena udara yang menumpuk pada perut akan ikut keluar bersama dengan sendawa anda.

Tetapi sendawa yang dilakukan saat kondisi normal akan berbeda jauh dengan orang yang sedang mengalami gejala penyakit maag.

Kondisi sendawa adalah salah satu dari gejala penyakit maag yang akan terjadi berulang kali. Kondisi ini akan terjadi dengan sendirinya untuk meringankan keluhan perut sakit yang penuh dengan asam lambung.

Tetapi jangan sesekali membuat kondisi sendawa yang dipaksakan, karena hal tersebut justru akan menjadikan keadaanmu lebih parah. Sengaja bersendawa hanya akan memperbanyak jumlah udara yang ada di dalam perut anda yang mengakibatkan sakit yang tidak tertahankan.

  1. Nafsu makan akan menurun yang disebabkan oleh sakit perut

Dikarenakan penuhnya isi perut dengan gas yang diproduksi dengan jumlah berlebih. Maka membuat anda menjadi malas untuk makan, karena perut anda menjadi terasa penuh dan kenyang terus.

  1. Sulit saat akan Menelan

Karena terjadi penyempitan esofagus menyebabkan penderita gangguan asam lambung sulit untuk menelan makanan.

  1. Mulut terasa pahit dan asam

Asam lambung yang naik bersama dengan makanan atau minuman yang mencapai kerongkongan, dapat menyebabkan mulut terasa pahit dan asam. Biasanya makanan dan minuman yang telah memasuki lambung tidak akan keluar dari sistem pencernaan.

Dalam hal ini penyakit gerd merupakan penyebab maag yang dapat membuat mulut terasa pahit dan asam.

  1. Nyeri pada bagian Ulu Hati dan merasakan sensasi seperti terbakar pada bagian dada

Produksi asam lambung yang berlebih dalam jumlah yang banyak akan membuatnya naik ke atas. Asam lambung akan mengalir melalui organ bagian ulu hati dan terus menuju ke dada kemudian mencapai kerongkongan. Penyebab maag yang dilalui dengan gejala ini biasanya sering terjadi dikarenakan penyakit Gerd atau refluks asam lambung.

Gejala untuk maag yang dikarenakan oleh gerd tidak sama dengan kenaikan asam lambung biasa yang dapat kembali normal dengan mudah. Kadang, penyakit maag dapat membuat anda mengalami sensasi seperti terbakar yang berada tepat pada bagian tengah dada dan perut atas anda.

Sensasi tersebut biasanya disebut dengan heartburn, tentu saja rasa terbakar tersebut pasti tidak akan membuat nyaman dan sangat sakit. Tapi biasanya rasa sakit yang dirasakan oleh setiap individu akan berbeda-beda. Ada yang dengan gejala ringan dan ada juga yang kronis.

  1. Berat badan tiba-tiba turun drastis tanpa sebab.

Akibat dari selalu merasakan kenyang, dan nafsu makan yang menurun mengakibatkan anda menjadi tidak memiliki berat badan yang ideal dan membuat anda kurus karena malas untuk makan.

  1. Merasa tidak enak setelah makan

Disebabkan oleh terus merasa kenyang, makan porsi makan anda akan menjadi sedikit. Hal ini menimbulkan rasa tidak nyaman ketika selesai menyantap makanan anda karena terus merasa kenyang.

  1. Tinja berwarna gelap disertai dengan darah

Kemungkinan terjadinya pendarahan pada kerongkongan atau lambung yang menyebabkan tinja memiliki warna gelap dan bisa saja diikuti dengan darah yang keluar.

  1. Muntah darah

Munculnya robekan pada lapisan esofagus atau lambung dapat menyebabkan muntah darah.

  1. Kesulitan untuk bernapas

Terganggunya proses pernafasan dikarenakan adanya sistem pencernaan yang tidak berfungsi semestinya, seperti penyempitan esofagus.

  1. Terkena penyakit Insomnia

Kadang sendawa yang datang saat terlambat makan dan diikuti dengan nyeri pada ulu hati membuat penderitanya tidak bisa tidur dengan nyenyak.

  1. Secara tiba-tiba merasakan sakit perut yang sangat menyakitkan

Hal yang berhubungan dengan sistem pencernaan pastinya selalu menimbulkan efek samping seperti nyeri pada bagian perut. Gejala naiknya asam lambung tersebut akan terasa seperti memenuhi isi perut.

Karena kondisi itu yang akan membuat anda merasakan rasa sakit pada bagian perut anda.

Sensitif terhadapa makanan yang pedas dan memiliki lemak biasanya adalah gejala awal dari yang dapat memicu penyakit maag. Tetapi biasanya gejala seperti ini selalu diabaikan begitu saja.

Gejala diatas bisa berdampak buruk bila dibiarkan terus menerus apabila jika disertai stress. Penyakit maag disebabkan dari kebiasaan makan yang banyak dan dalam waktu yang cukup singkat. Atau mungkin bisa juga karena mengkonsumsi makanan yang bersifat pedas dan memiliki banyak sekali lemak.

Penyebab Sakit Maag

Kamu juga harus mengetahui dan bersikap waspada dengan beberapa penyebab yang dapat memicu munculnya penyakit maag berikut ini :

  • Infeksi dari bakteri bernama Helicobacter, infeksi dari bakteri ini dapat memicu kanker pada lambung. Peradangan yang terjadi secara terus menerus dan mengganggu metabolisme sel sel yang terdapat di dalam dinding lambung merupakan ulah dari bakteri tersebut.
  • Luka pada lambung atau sering disebut juga tukak lambung pada bagian lapisan lambung.
  • Efek samping yang timbul akibat dari penggunaan obat anti inflamasi nonsteroid. Kadang penggunaan obat obatan ini sangat keras bagi lambung anda.
  • Kondisi stress atau emosi negatif anda dapat menjadi pemicu bertambahnya produksi asam lambung menjadi 100x lipat dibandingkan ketika anda lapar. Dan juga kondisi stress ini dapat membuat sistem daya tahan tubuh anda menurun drastis dan mengacaukan keseimbangan dari metabolisme anda. Selain itu, stress juga bisa melemahkan dinding mukosa pada lambung dan memicu risiko terjadinya gejala maag.

Faktor penyebab lainnya dari sakit maag juga bisa muncul dikarenakan oleh pola hidup yang kurang sehat seperti :

  1. Aktifitas merokok
  2. Melakukan diet yang terlampau ketat
  3. Faktor usia atau umur yang sudah bertambah
  4. Sering mengkonsumsi alkohol secara berlebihan
  5. Selalu mengkonsumsi obat untuk pereda nyeri dengan melebihi dosis yang dianjurkan
  6. Obesitas atau kelebihan berat badan juga dapat memicu munculnya penyakit maag

Komplikasi

Ada beberapa komplikasi yang terjadi akibat dari penyakit maag, diantaranya :

  • Stenosis Pilorus

Iritasi jangka panjang yang terjadi pada lapisan sistem pencernaan akan mengakibatkan komplikasi pada lambung. Pilorus yang menjadi jalur untuk lambung dan usus kecil akan menjadi menyempit dan parut serta menyebabkan makanan tidak dapat dicerna dengan benar.

  • Esofagus Barret

Kerongkongan yang terus menerus terkena oleh asam lambung akan memiliki peluang besar menjadikan sel pada lapisan bawah kerongkongan menjadi sel kanker.

  • Penyempitan Esofagus

Sakit maag yang muncul berulangk kali akibat dari refluks asam lambung akan membuat penyempitan esofagus. Gejala ini akan membuat seseorang kesulitan untuk menelan dan terasa sakit di bagian dada.

Diagnosis Penyakit

Pastikan gejala penyakit maag yang anda derita dengan mendiagnosanya ke dokter agar anda mengetahui apakah penyakit maag anda termasuk dalam katergori ringan atau kronis. Langkat berikut merupakan cara dokter mendiagnosa :

  • Melakukan pengecekan dari mulai keluhan, gejala dan riwayat yang diderita oleh pasien kemudian akan dilakukan pemeriksaan di lab untuk melihat gangguan siklus dari metabolisme dan tiroid.
  • Lalu dilanjutkan dengan pengecekan melalui endoskopi dan juga sampel jaringan.
  • Sampel tinja akan digunakan untuk dilakukan pengecekan kondisi dari saluran pencernaan yang ada di bagian atas
  • Melakukan pemeriksaan dari infeksi bakteri helicobacter pylori dengan menggunakan alan CT scan atau bisa juga dengan X-ray yang mana dapat sekaligus melihat kondisi usus dan lambung secara bersamaan.

 

Metode Pengobatan

Ada banyak obat obatan yang dijual yang berkhasiat untuk pengobatan maag ringan dan juga kronis. Mulai dari obat obatan yang berbahan kimia sampai yang berbahan dari tanaman herbal.

Untuk Sakit maag kelas ringan biasanya akan hilang dengan sendirinya, tapi jika sakit maag telah parah atau kronis perlu diatasi dengan obat obatan seperti berikut ini :

  • Antasida dapat menetralkan produksi asam lambung anda.
  • Obat antidepresan dapat meredakan nyeri yang terasa saat maag.
  • Prokinetik juga bisa sebagai pereda rasa sakit.
  • Alginat bisa mengurangi sakit akibat refleks pada asam lambung.
  • Penghambat pompa proton (PPI) dapat mengurangi atau menekan jumlah produksi asam lambung yang berlebihan.
  • Antagonis Reseptor H2 (H2RA) memiliki manfaat seperti antasida.
  • Obat obat herbal seperti METAMA
cara penyembuhan penyakit maag

Klik Untuk Lihat Produk

Kegiatan Terapi seperti meditasi dan relaksasi mungkin juga bisa membantu meredakan gejala atau rasa sakit maag.

Bahaya Asam lambung Netral

Obat obatan kimia yang telah disebutkan diatas memiliki fungsi untuk menetralkan asam lambung. Tetapi akan menjadi berbahaya jika terus menerus dikonsumsi demi tujuan menetralkan asam lambung anda. Terdapat bahaya yang mengintai jika asam lambung anda netral, berikut beberapa bahayanya :

  • Dapat memicu munculkan penyakit usus buntu, karena makan yang masuk ke dalam lambung tidak dapat dicerna dengan sempurna. Makan yang tidak dapat dicerna di usus tersebutlah yang dapat memicu munculnya penyakit usus buntu, ulcer (borok di usus) dan sering buang angin atau kentut.
  • Munculnya sembelit dan diare hebat yang disebabkan oleh masuknya bakteri berbahaya yang lolos dari asam lambung yang kemudian masuk ke dalam usus. Bakteri ini akan memicu keseimbangan flora dalam usus dan menimbulkan penyakit sembeli dan diare tersebut.
  • Terganggungan keseimbangan enzim untuk pencerna makanan. Karena enzim yang biasanya akan distimulasi di dalam asam lambung menjadi tidak terstimulasi.
  • Penggunaan obat antisida yang melebihi batas wajah akan dapat memicu terganggunya fungsi pada organ ginjal.

Pencegahan Maag

Untuk anda yang tidak mengalami gejala maag tersebut, alangkah baiknya jika anda melakukan pencegahan agar tidak terserang penyakit maag. Karena melakukan pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Pencegahan sakit maag yang juga bisa dilakukan dengan meningkatkan pola hidup sehat melalui beberapa cara seperti :

  • Makan dengan pelan pelan dan juga usahakan porsinya kecil
  • Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan bersifat pedas dan berlemak banyak
  • Kurangi meminum minuman yang berkafein
  • Hindari mengkonsumsi obat obatan yang dapat memicu nyeri lambung.
  • Berhenti melakukan aktivitas merokok
  • Hindar stress, minta bantuan psikiater jika memang diperlukan agar anda menjadi lebih rileks.

Jika penanganan terhadap penyakit maag ini dilakukan dengan benar, maka sakit maag bukanlah penyakit yang perlu ditakutkan. Penderita penyakit maag hanya perlu mengetahui dan memahami cara mencegah dan pengobatan yang efektif untuk setiap gejala maag yang menyerang.