METAMA

Mengenal Lebih Jauh Penyakit Tukak Lambung

Kebanyakan orang menganggap bahwa penyakit yang mereka rasakan terutama di bagian lambung ini disebabkan dengan kebiasaannya mengkonsumsi makanan pedas maupun asam dengan kadar yang berlebih. Namun ternyata anggapan itu kurang tepat, mengkonsumsi makanan yang pedas sejatinya memang bisa memperparah keadaan sakit maag namun tidak dengan menyebabkan luka pada lambung. Dalam dunia kedokteran luka pada lambung ini biasa disebut dengan penyakit tukak lambung.

Pengertian Penyakit Tukak Lambung

Tukak lambung yaitu luka di bagian lambung yang bisa menyebabkan keluhan sakit maag. Bukan hanya di lambung saja namun luka bisa terbentuk pada usus 12 jari maupun di bagian bawah kerongkongan. Umumnya penyakit tukak lambung banyak disebabkan oleh infeksi bakteri H. pylori maupun sebab banyak mengkonsumsi obat pereda nyeri. Meski jarang terjadi namun keadaan tukak lambung ini bisa disebabkan adanya tumor pada lambung maupun komplikasi dari radioterapi.

Penyebab Penyakit Tukak Lambung

Adanya luka pada lambung bisa terbentuk saat selaput yang melapisi lambung menjadi terkikis. Pengikisan pada selaput lambung bisa disebabkan oleh beberapa hal yaitu:

  1. Infeksi Holycow bakteri pylori, yaitu yang menjadi penyebab paling utama timbulnya luka di bagian lapisan lambung.
  2. Mengkonsumsi obat anti inflamasi nonsteroid atau OAINS. Misalnya Ketika Anda mengkonsumsi diclofenac, Ibuprofen, meloxicam dengan intensitas lebih sehingga bisa menyebabkan iritasi maupun peradangan di jaringan lambung yang menyebabkan timbulnya luka. Selain obat oains, terdapat obat lainnya yang dapat menyebabkan terjadinya tukar lambung yakni aspirin, obat antidepresan dari golongan SSRI dan kortikosteroid.
  3. Merokok, apalagi saat orang tersebut terinfeksi bakteri pylori
  4. Kondisi stress seseorang yang tidak bisa terkelola secara baik
  5. Mengkonsumsi makanan pedas maupun asam
  6. Mengkonsumsi alkohol

Gejala Penyakit Tukak Lambung

Umumnya gejala awal yang muncul yakni sakit maag maupun nyeri di bagian ulu hati titik nyeri tersebut mempunyai karakteristik yakni sebagai berikut:

  1. Gejala bisa timbul dan berlangsung pada hitungan menit maupun jam
  2. Keadaan rasa sakit yang hilang dan timbul dalam beberapa hari Minggu maupun bulan
  3. Semakin memburuksaat makan ketika malam hari maupun pagi-pagi sekali
  4. Kondisi semakin parah saat keadaan perut kosong maupun tidak terisi makanan.
  5. Ada saat perut terisi makanan maupun sesudah meminum obat sakit maag, namun akan muncul kembali.

Selain gejala-gejala di atas ada gejala lainnya yang bisa Anda amati yakni:

  1. Mual serta muntah
  2. Perut yang kembung
  3.  Sering sendawa
  4.  Kondisi dada seolah terbakar
  5. Hilangnya nafsu makan maupun udah kenyang
  6.  Turunnya berat badan
  7. Kesulitan saat menarik nafas
  8.  Tubuh lemas

Pengobatan Penyakit Tukak Lambung

Penyakit tukak lambung yang menyebabkan perdarahan harus segera mendapatkan pertolongan darurat. Biasanya dokter menghentikan perdarahan lewat prosedur endoskopi, Yakni dengan menyuntikkan obat secara langsung ke area luka maupun menyumbat luka menggunakan terapi panas. lalu dokter bisa melakukan transfusi darah dan hal ini digunakan untuk mengganti darah yang hilang.

Ketika perdarahan tetap saja berlangsung maka tukak lambung akan menimbulkan lubang di bagian Dinding lambung dokter umumnya akan melakukan operasi. untuk mengatasi infeksi H. pylori, umumnya dokter meresepkan kombinasi obat yang ada dibawah ini supaya dikonsumsi selama 7 Hingga 14 hari yaitu:

1. Penghambatan pompa Proton dalam kurung (PPI)

Obat pipi dipakai dalam menurunkan kadar asam lambung serta meredakan gejala asam lambung titik misalnya esomeprazole, Omeprazole lansoprazole, rabeprazole dan pantoprazole.

2. Antagonis H2

Antagonis H2 umumnya dikenal sebagai obat penurun kadar produksi asam lambung. Contoh dari obat ini yaitu famotidine, cimetidin, ranitidin. Namun obat ranitidin sedang ditarik oleh BPOM pada beberapa waktu Sebab diduga mempunyai potensi meningkatkan risiko kanker.

3. Bismuth subsalicylate

Obat yang satu ini mempunyai fungsi dalam melapisi serta melindungi luka di bagianĀ  lambung. Umumnya obat ini bisa bekerja dengan membunuh organism penyebab infeksi tersebut.

4. Antibiotic

Penggunaan antibiotic ini mempunyai tujuan dalam membunuh bakteri h. pylori titik seperti antibiotic yang diberikan yaitu amoxicillin, metronidazole, clarithromycin.

Bukan hanya beberapa obat diatas aja, Biasanya dokter bisa meresepkan Misoprostol serta sukralfat dalam melindungi selaput lambung. Biasanya untuk mengobati penyakit tukak lambung akibat dari mengkonsumsi oains dengan berlebihan, pasien lebih dianjurkan menghentikan konsumsi obat tersebut serta dokter biasanya memberikan alternative obat yang lain.

Cara mengatasi penyakit tukak lambung dengan merutinkan kebiasaan sehat

Namun demi membantu meredakan penyakit tukak lambung yang Anda alami ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sehingga keadaan tukak lambung bisa semakin berkurang yaitu:

  1. Banyak mengkonsumsi sayur biji-bijian maupun buah yang mengandung vitamin A serta C
  2. Memperbanyak mengkonsumsi makanandengan kandungan probiotik misalkan yoghurt
  3. Hindari meminum atau mengkonsumsi susu
  4. Kelola stress dengan baik
  5. Istirahat cukup
  6. mengurangi mengkonsumsi alkohol
  7. berhenti merokok

Semoga penjelasan tentang penyakit tukak lambung diatas bisa menambah informasi bagi Anda dan bisa membantu Anda yang sedang sakit untuk lebih semangat sembuh semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar