Kapsulmetama.com – Diare adalah salah satu masalah pencernaan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Meskipun kelihatannya sepele, gejala seperti BAB cair, mual, muntah, dan perut melilit sering kali membuat penderita sulit untuk melakukan aktivitas lain secara normal. Bahkan dalam kondisi parah, gejala diare juga akan menimbulkan demam atau keluarnya darah pada feses.

Lalu, apa penyebab diare sebenarnya? Benarkah penyakit ini diakibatkan oleh virus atau bakteri? Berikut ulasannya!

Keracunan makanan

Meskipun kelihatannya seperti penyakit, siapa sangka bahwa diare sebenarnya adalah bentuk mekanisme tubuh untuk melawan zat-zat berbahaya seperti virus, bakteri, atau racun yang masuk ke dalam saluran pencernaan. Jadi, jika tanpa sengaja kita memakan makanan basi atau yang mengandung bahan berbahaya, secara otomatis tubuh akan melakukan perlawanan sehingga menimbulkan mencret air dan muntah-muntah.

Penggunaan air tidak bersih

Kualitas air yang digunakan sehari-hari ternyata juga bisa menjadi penyebab diare yang sering diabaikan. Sadar atau tidak, air merupakan salah satu sumber daya alam yang paling sering dimanfaatkan. Jika saat membersihkan sayuran, daging, atau bahkan sikat gigi menggunakan air kotor, maka secara tidak langsung ada bagian dari air tersebut yang masuk ke tubuh.

Padahal, di dalam air kotor biasanya terdapat parasit yang dapat menjadi penyebab infeksi di saluran pencernaan. Jika ini yang terjadi, biasanya tidak lama setelah “pengonsumsian” air kotor, kita akan mengalami gejala diare yang cukup mengkhawatirkan.

Alergi obat-obatan

Tidak semua orang memiliki tingkat resistensi yang sama terhadap zat kimia yang terkandung pada obat-obatan atau antibiotik. Dalam beberapa kasus, mereka yang memiliki alergi terhadap bahan kimia tertentu, biasanya akan mengalami diare sebagai salah satu gejala alami yang dilakukan tubuh untuk melindungi diri sendiri.  Jadi sebelum mengonsumsi obat apa pun, pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

Stres atau gangguan emosional

Selain karena parasit atau bahan kimia berbahaya, salah satu penyebab mencret yang jarang disadari orang adalah gangguan psikologis. Beberapa orang yang mengalami stres atau depresi biasanya juga akan mengalami gejala seperti BAB cair dan perut melilit. Jadi jika Anda termasuk orang yang mengalami hal tersebut, hindari hal-hal dan lingkungan yang dapat membuat kita merasa stres atau tertekan.

Efek samping penyakit inflamasi usus

Penyebab lain diare yang mungkin tidak banyak diketahui orang adalah inflamasi usus. Penderita penyakit ini biasanya akan mengalami pergerakan usus yang tidak normal sehingga mengakibatkan gejala diare dan gangguan pencernaan lain. Pengobatan diare semacam ini adalah perawatan medis dan konsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.

Baca Juga : 5 Fakta Penting Tentang Diare yang Harus Kita Tahu (Metama)

Itulah 5 penyebab diare yang jarang diketahui orang. Untuk mengobati gejala mencret, selain obat-obatan medis, Anda juga bisa mengonsumsi ramuan herbal. Salah satu obat diare herbal tepercaya adalah Kapsul Metama. Dengan kandungan kunyit, minyak atsiri, dan ketumbar, Metama dapat membantu mengatasi berbagai gejala diare seperti mengurangi gerakan peristaltik usus yang terlalu kuat.

Obat yang telah terdaftar di BPOM ini juga dapat membantu melancarkan peredaran darah, meningkatkan energi, dan membantu menyembuhkan berbagai gangguan pencernaan lain. Menarik, bukan? Untuk informasi lain tentang khasiat dan pemesanan Kapsul Metama, Anda dapat menghubungi situs KAPSULMETAMA.COM.

Lihat selengkapnya mengenai Produk Kapsul Metama. Pengobatan untuk Obat Maag Kronis atau hubungi kami di kontak Whatsapp yang tertera dibawah ini

0812-1420-6567