METAMA

Apakah Kamu Tahu Apa Penyebab Mulut Terasa Asam?

Pernahkah mulut Anda pernah terasa Asam saat bangun tidur di pagi hari, atau di saat-saat lainnya? Kebanyakan pasti pernah merasakannya buka, entah sekali atau bahkan sering. Lantas, apa penyebab mulut terasa asam? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut

Mulut yang terasa asam sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Apalagi ketika Anda sudah minum air rasa asam tersebut tidak hilang. Penyebab mulut terasa asam ini beragam, mulai dari hal-hal yang biasa seperti reaksi dari makanan yang Anda makan atau obat-obatan yang Anda konsumsi bahkan bisa sebagai pertanda suatu penyakit.

Penyebab mulut terasa asam

Selain membuat Anda tidak nyaman, mulut yang terasa asam juga dapat menjadi pertanda suatu penyakit. Berikut ini beberapa penyebab mulut terasa asam:

1. Efek samping obat

Salah satu penyebab mulut terasa asam adalah efek samping dari obat yang Anda konsumsi. Ada beberapa obat yang bisa menyebabkan mulut Anda terasa asam ketika mengkonsumsinya, antara lain adalah obat anti depresan, obat untuk penyakit syaraf, obat untuk hipertensi dan penyakit jantung, obat asma, kemoterapi, obat anti psikotik, obat anti histamin, dan obat infeksi seperti antibiotik anti jamur dan anti virus.

2. Mengkonsumsi makanan tertentu

Mengkonsumsi makanan yang teralu asam juga dapat menjadi penyebab mulut asam. Contohnya belimbing wuluh, ceremai, atau kedondong makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan sensai asam yang nempel di mulut.

Mengkonsumsi makanan tinggi protein secara berlebih juga dapat menyebabkan mulut terasa sama. Misalnya susu, telur, atau yogurt.

3. Dehidrasi

Penyebab mulut terasa asam selanjutnya adalah dehidrasi. Ketika Anda mengalami dehidrasi atau cairan dalam tubuh tidak mencukupi, akan menyebabkan mulut menjadi kering sehingga berpengaruh pada indra perasa. Untuk itu, sebaiknya minum minimal 8 gelas setiap hari agar tidak mengalami dehidrasi.

4. Merokok

Bagi orang yang terbiasa merokok, mulut yang terasa asam adalah hal yang wajal. Pasalnya, secara umum merokok adalah penyebab mulut terasa asam. Mengapa demikian? Karena kebiasaab merokok akan menyebabkan tumpulnya indra perasa dan meninggalkan rasa asam serta tidak enak di mulut.

5. Kebersihan mulut yang buruk

Penyebab mulut terasa asam yang satu ini juga merupakan salah satu penyebab yang sering terjadi. Hal ini terjadi karena saat Anda meyikat gigi atau membersihkan lidah tidak dengan benar, mneyebabkan kuman-kuman menempel. Sehingga menyebabkan penyakit-penyakit mulu dan gigi, seperti periodontitis, infeksi gigi atau gingivitis.

6. Infeksi

Sensasi asam di mulut dapat menjadi salah satu pertanda Anda mengalami infeksi. Seperti flu, infeksi tenggorokan dan telinga atau infeksi seperti sinusitis. Karena ketika Anda mengalami infeksi seperti itu, dapat menyebabkan indra perasa merasakan rasa asam.

Tetapi, tidak perlu khawatir, karena saat infeksi Anda sembuh maka rasa asam di mulut tersebut juga akan hilang

7. Penuaan

Usia yang tak muda lagi juga dapat menjadi penyebab mulut terasa asam. Sebab, senistivitas indra perasa akan menurun seiring bertambahnya usia. Sehingga bisa saja mulut Anda terasa asam.

8. Kehamilan

Ketika Anda merasakan mulut yang asam bisa jadi itu adalah pertanda Anda sedang hamil. Hal ini terjadi karena perubahan hormon pada tubuh ketika kehamilan. Kondisi ini umumnya terjadi pada awal kehamilan, pada tri semerter pertama dan seiring berjalannya waktu rasa asam ini akan hilang dengan sendirinya.

Biasanya, perubahan rasa yang dialami ibu hamil ini juga berpengaruh pada nafsu makan, jadi wajar saja ketika Anda masih pada tahap kehamilan awal akan merasakan asam pada mulut serta turunnya nafsu makan. Akan tetapi tidak smeua ibu hamil mersaka hal yang sama.

9. GERD

Apa itu GERD? GERD atau biasa disebut penyakit asam lambung adalah kondisi dimana katup bagian bawah kerongkongan terbuka secara tidak tepat, sehingga mengakibatkan asam lambung naik ke kerongkongan kembali. Selain menyebabakan mulut terasa asam, gerd juga memiliki beberapa pertanda lainnya, seperti sensasi terbakar di dada, nyeri ulu hatu, batuk, bau mulut, sulit menelan, dan batuk.

Gejala GERD kerap muncul setelah makan. Orang-orang yang lebih berisiko terkena gerd adalah ibu hamil dan penderita obesitas.

Oleh karena, itu perhatikanlah makanan  yang Anda konsumsi dan kebiasaan-kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari. Agar terhindar dari rasa asam di mulut yang sangat tidak nyaman. Selain itu, jika penyebab mulut terasa asam yang Anda rasakan adalah gejala penyakit seperti GERD. Sebaiknya segera obati penyakit tersebut.

Jika Anda memilih untuk tidak mengunjungi dokter, Anda bisa mengkonsumsi obat-obatan tertentu untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Misalnya, obat herbal METAMA. Obat herbal METAMA adalah salah satu obat untuk mengatasi penyakit GERD atau asam lambung yang sudah terpercaya khasiatnya dan banyak diminati segala kalangan. Obat ini bisa menjadi rujukan Anda ketika Anda mengalami masalah dengan asam lambung.

Tinggalkan Komentar