METAMA

Sakit Asam Lambung dan Obatnya

Penyakit asam lambung atau kondisi asam lambung naik dapat dialami oleh siapa saja baik anak-anak maupun dewasa. Gejala penyakit asam lambung diduga sebagai penyakit jantung koroner sebab gejalanya yang hampir mirip yakni nyeri di bagian dada. Meskipun tidak mematikan layaknya serangan jantung, namun ada baiknya kita mengetahui tentang sakit asam lambung dan obatnya agar segera ditangani dan tidak menyebabkan komplikasi.

Gejala Asam Lambung

Gejala utama yang mungkin dialami akibat asam lambung yang naik yakni perasaan seperti terbakar pada bagian dada atau sering disebut dengan istilah heartburn. Kondisi tersebut bisa bertambah parah saat berbaring atau setelah makan. Gejala penyakit lambung ini juga bisa disertai dengan gangguan pencernaan yang lain seperti mual, muntah, sering bersendawa, sesak napas dan maag.

Penyebab Sakit Asam Lambung

Asam lambung bisa naik ke kerongkongan ketika kerongkongan di bagian bawah melemah. Otot LES atau otot kerongkongan bagian bawah tersebut seharusnya berkontraksi hingga menutup saluran menuju kerongkongan sesudah makanan turun ke dalam lambung. Jika otot tersebut lemah, maka kerongkongan akan terbuka yang akhirnya menyebabkan asam lambung naik lagi ke kerongkongan.

Kondisi ini rentan terjadi bagi lansia (lanjut usia), perokok, orang dengan obesitas, orang yang sering tidur atau berbaring setelah makan dan wanita hamil.

Sakit Asam Lambung dan Obatnya

Akhir-akhir ini obat herbal tengah menjadi idola para masyarakat untuk menyembuhkan asam lambung. Hal ini karena obat herbal diyakini minim efek samping dan lebih aman. Disamping itu, obat herbal juga dapat dibuat sendiri dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah.

Berikut herbal yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan asam lambung dalam tubuh.

1. Air kelapa

Bagi anda yang mencari informasi terkait sakit asam lambung dan obatnya, maka anda berada di laman yang tepat. Salah satu obat yang sering dimanfaatkan untuk meredakan asam lambung adalah air kelapa. Kandungan kalium pada air kelapa sangat bagus untuk menjaga keseimbangan PH tubuh sekaligus mengontrol kadar asam pada lambung dan menurunkan resiko refluks lambung.

2. Jahe merah

Jahe merah mempunyai efek farmakologis anti inflamasi/ antiradang. Efek ini diyakini berkaitan dengan sakit asam lambung dan obatnya yang juga bersifat gastroprotek. Sifat tersebut berperan dalam melawan bakteri jahat yang mengakibatkan asam lambung.

3. Lidah buaya

Berbicara mengenai sakit asam lambung dan obatnya, anda bisa memanfaatkan lidah buaya yang diyakini ampuh dalam meredakan asam lambung. Sari lidah buaya diklaim mampu menurunkan gejala asam lambung. Dalam riset tahun 2015 silam, diungkapkan bahwa jus lidah buaya mampu menurunkan gejala asam lambung yang naik.

4. Temulawak

Di dalam temulawak terdapat kandungan minyak asiri, kurkumin, mineral, pati dan selulosa yang mampu memberikan manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Adapun salah satu manfaat dari temulawak ini adalah untuk sakit asam lambung dan obatnya. Temulawak sering dijadikan sebagai tanaman herbal untuk mengatasi penyakit maag.

Selain itu, temulawak juga memiliki kandungan flavanoid yang berperan untuk menangkap radikal bebas dan melindungi dinding lambung.

5. Mentimun

Mentimun sering dipakai untuk pelengkap menu makanan yang segar. Mentimun juga dapat digunakan sebagai bahan untuk menyajikan minuman segar. Selain itu, mentimun juga diyakini efektif untuk meredakan asam lambung.

Kandungan mineral dan vitamin dalam mentimun cukup banyak. Buah ini mengandung vitamin B dan vitamin C. Disampung itu, buah mentimum juga mengandung isoquercitrin, karoten, kalisum, saponin, cucurbaticin, asam amino, fosfor, serta enzim pencernaan.

Untuk mendapatkan manfaat mentimun bagi sakit asam lambung dan obatnya, anda bisa mengkonsumsi 2 potong mentimun segar yang dikupas dan dibuang bijinya selama 2 jam sekali.

6. Pepaya

Buah pepaya terkenal sebagai buah yang memiliki banyak kandungan serta dan bagus untuk melancarkan sistem pencernaan. Akan tetapi, siapa yang menyangka bahwa pepaya juga bisa digunakan sebagai salah satu obat herbal untuk mengatasi asam lambung.

Kandungan enzim papain pada buah pepaya berfungsi untuk melancarkan sistem cerna serta meredakan gejala sakit asam lambung misalnya panas pada bagian perut hingga dada.

7. Kunyit

Kunyit umumnya dimanfaatkan sebagai jamu maupun rempah masakan. Selain itu, kunyit juga diklaim efektif untuk meredakan asam lambung. Bagian kunyit yang dipakai untuk obat herbal dalam mengatasi asam lambung adalah rimpangnya.

Anda bisa menumbuk kunyit kering menjadi bubuk. Kemudian, seduh ┬Ż sdt serbuk kunyit dan air hangat. Konsumsi setiap hari dalam kadar yang cukup dan jangan berlebihan.

Demikian ulasan mengenai sakit asam lambung dan obatnya yang sebaiknya anda ketahui untuk menjaga kondisi tubuh dari resiko asam lambung. Selain beberapa obat herbal diatas, anda juga bisa memanfaatkan Metama untuk meredakan asam lambung. Obat herbal ini diproduksi dengan ketumbar dan kunyit alami yang diyakini ampuh untuk menjaga kesehatan lambung dan meredakan gejala maag seperti nyeri lambung atau mual.

Tinggalkan Komentar